Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutama Karya Tuntas Renovasi Dua Poliklinik di RSCM Jakarta

Kompas.com - 23/09/2023, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) telah menyelesaikan renovasi atas dua poliklinik di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, yaitu Poliklinik Hematologi & Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam.

Renovasi yang telah dimulai sejak November 2022 lalu difokuskan pada Gedung Instalasi Pelayanan Rawat Jalan Terpadu (IPRJT) Lantai 2 RSCM dengan fasilitas kesehatan yang telah direnovasi.

Ini meliputi perluasan ruang rawat, peningkatan peralatan medis, dan modernisasi fasilitas yang disesuaikan dengan perkembangan terkini.

Serah terima selesainya renovasi poliklinik ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Direktur Utama Hutama Karya Aloysius Kiik Ro dan Plt Direktur Utama RSCM dr. Sumariyono pada hari Rabu (20/9/2023).

Aloysius mengatakan, program ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Hutama Karya, khususnya dalam membantu perbaikan fasilitas rumah sakit sebagai sarana umum bagi masyarakat.

Baca juga: Pembangunan Gedung Kanigara RSCM Beres 4 Bulan, Ini Strategi Waskita

“Program renovasi ini adalah langkah awal untuk peningkatan pelayanan kesehatan dan harapan kami kedepannya dapat disempurnakan serta didukung penuh oleh seluruh tenaga medis maupun pihak-pihak terkait disini,” ujar Aloysius dalam siaran persnya, Jumat (22/9/2023).

Sementara Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo,  menjelaskan, Hutama Karya melakukan renovasi ini setelah sebelumnya perusahaan melihat kondisi fasilitas saat itu perlu dilakukan pembaruan agar pelayanan kepada pasien dapat lebih optimal.

Renovasi ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam memberikan kontribusi positif bagi kemajuan di bidang kesehatan, tentu akan mendukung langkah besar RSCM dalam meningkatkan fasilitas dan layanan medis berkualitas tinggi kepada seluruh pasien.

Selama tidak mengganggu pelayanan yang terus berjalan di poliklink, renovasi dilakukan ke dalam dua tahap.

Tahap pertama, dilakukan pengerjaan pada bagian Poli Hematologi sebanyak 14 ruang yang meliputi 9 ruang Poli konsultasi, 1 ruang BMP dan observasi, 1 ruang pengambilan darah, 1 ruang penyuluhan, 1 ruang diskusi dan 1 ruang barang medis habis pakai (BMHP).

Tahap kedua, Hutama Karya mengerjakan Poli Penyakit Dalam sebanyak 23 ruang yang meliputi 2 ruang medical record, 9 ruang poli konsultasi, 1 ruang BMP dan observasi, 1 ruang pengambilan darah, 1 ruang penyuluhan, 1 ruang diskusi, 1 ruang barang medis habis pakai (BMHP) serta beberapa ruangan fungsional lainnya.

“Dengan selesainya renovasi ini, diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih baik serta membawa perubahan yang signifikan utamanya dalam proses perawatan pasien karena fasilitas dapat digunakan secara layak dan nyaman oleh para pasien, tenaga medis maupun peserta didik kedokteran,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com