Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2023, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang sekrup modul bilah selubung burung garuda secara perdana di Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (22/9/2023).

Pemasangan modul bilah tersebut nantinya akan membentuk sayap burung garuda yang menjadi fasad dari gedung Kantor Presiden.

Gedung Kantor Presiden ini didesain oleh seniman Nyoman Nuarta yang juga mendesain jembatan di Jalan Tol IKN.

"Semua sesuai rencana. Saya kira bangunan-bangunan seperti Kantor Presiden, Istana Presiden, maupun Kantor Kementerian semuanya sudah berjalan sesuai target," ucap Presiden, dikutip dari keterangan resmi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti menjelaskan, pembangunan gedung Kantor Presiden di IKN secara fisik sudah mencapai 38 persen.

Baca juga: Seputar Proyek Pusat Latihan Timnas Sepak Bola di IKN, Biaya hingga Fasilitasnya

"Kementerian PUPR sudah mulai memasang bilah-bilah garuda, mudah-mudahan dapat selesai pada Maret 2024. Karena jumlahnya ada 465 modul, di mana di 1 modul terdapat 10 bilah garuda. Jadi, total ada 4.650 bilah garuda yang akan dipasang di Kantor Presiden," jelas Diana.

Kementerian PUPR juga menargetkan pembangunan Kantor Presiden IKN selesai sebelum Agustus 2024.

"Kementerian PUPR juga berharap pelaksanaan pembangunan dapat berjalan sesuai dengan jadwal, sehingga pada Agustus 2024 Pemerintah Indonesia siap untuk melaksanakan upacara," harap Diana.

Dalam kegiatan ini, Presiden Jokowi didampingi pula oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Sussantono, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad dan Seniman yang mendesain Gedung Kantor Presiden Nyoman Nuarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com