Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2023, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres proyek Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai 38 persen.

"Kita bekerja harus optimis. Kalau Kantor Presiden sekarang sudah 38 persen dan pekerjaannya juga bagus," ucap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke IKN, Jumat (22/9/2023).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga memasang sekrup modul bilah selubung garuda sebagai seremonial perdana.

Pemasangan modul bilah tersebut nantinya akan membentuk sayap burung garuda yang menjadi fasad dari gedung Kantor Presiden.

Gedung Kantor Presiden ini didesain oleh seniman Nyoman Nuarta yang juga mendesain jembatan di Jalan Tol IKN.

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan gedung Kantor Presiden dan infrastruktur lainnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) sudah berjalan sesuai rencana.

Baca juga: Seputar Proyek Pusat Latihan Timnas Sepak Bola di IKN, Biaya hingga Fasilitasnya

"Semua sesuai rencana. Saya kira bangunan-bangunan seperti Kantor Presiden, Istana Presiden, maupun Kantor Kementerian semuanya sudah berjalan sesuai target," imbuh Jokowi.

Sementara Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengungkapkan, Kementerian PUPR menargetkan proyek Kantor Presiden IKN selesai sebelum Agustus 2024.

"Kementerian PUPR sudah mulai memasang bilah-bilah garuda, mudah-mudahan dapat selesai pada Maret 2024. Karena jumlahnya ada 465 modul, di mana di 1 modul terdapat 10 bilah garuda. Jadi, total ada 4.650 bilah garuda yang akan dipasang di Kantor Presiden," jelas Diana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com