Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Architecture Festival 2023 Digelar, Songsong Era Baru Pasca Pindah Ibu Kota Negara

Kompas.com - 10/09/2023, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Jakarta Architecture Festival (JAF) 2023 diselenggarakan mulai 9 September 2023 hingga 30 September 2023.

Sebuah perayaan perubahan status baru Jakarta setelah diumumkannya pemindahan ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jakarta memiliki sejarah panjang sebagai sebuah kota global yang telah mengalami banyak perkembangan dalam beberapa abad ini, berevolusi, serta berusaha untuk terus menjawab setiap tantangan dan permasalahan yang dihadapi.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Doti Windajani menyampaikan, pasca ditetapkannya Nusantara sebagai Ibu Kota Negara Indonesia, Jakarta menghadapi tantangan keseimbangan ekologi, ruang berkeadilan, dan wadah ekonomi regeneratif.

"Oleh karena itu perlu untuk terus menggali potensi Jakarta mengembangkan karya terbaik, untuk era baru masyarakat dan Jakarta menjadi kota global masa depan yang sustainable," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (10/09/2023).

Baca juga: Tahun Depan, Pemerintah Rencana Boyongan ke IKN Naik Kapal

JAF 2023 mengambil tema TRANSIT(ION), yang secara harfiah memiliki arti sebuah proses atau periode perubahan dari satu kondisi menuju kondisi lainnya.

Sebuah transisi yang pasti terjadi bagi Jakarta di masa mendatang, bermula dari sebuah kota pelabuhan dari sebuah kerajaan kuno, kemudian menjadi hub perdagangan seluruh penjuru dunia, sehingga menjadi ibu kota sebuah negara muda, Indonesia.

Program Director JAF, Prima Abdullah mengatakan, festival ini bertujuan mengumpulkan beberapa insight mengenai TRANSIT(ION) yang akan terjadi dari berbagai stakeholder seperti masyarakat, komunitas, pemerintah, sektor privat, para profesional, serta akademisi, untuk memberikan pemahaman publik akan pentingnya desain kota yang baik

"Sehingga menjadikannya kota yang layak dihuni baik dari segi kebijakan publik, dan investasi yang berdasarkan riset serta pengetahuan terkini tentang kota," tambahnya.

JAF akan terdiri dari beragam rangkaian kegiatan seperti conference, diskusi, eksibisi, instalasi publik, pemutaran film kebudayaan, program penjelajahan kota, gathering, serta perlombaan sketsa beragam bangunan warisan Jakarta.

Berbagai pembicara Nasional maupun Internasional akan turut menyampaikan pandangannya terhadap beragam isu di Jakarta.

Baca juga: Tak Mudah, Memindahkan Pusat Finansial dari Jakarta ke IKN

Doti melanjutkan, JAF 2023 diharapkan menjadi sebuah momentum bagi semua pihak untuk berkolaborasi serta merayakan perjalanan transformasi yang terus berjalan, dan menjadi bukti ketangguhan serta kemampuan beradaptasi akan setiap perubahan Jakarta yang dinamis.

"Sebuah perayaan yang melibatkan semua stakeholder Jakarta demi terwujudnya visi Jakarta masa depan sebagai kota global lebih baik bagi kita semua," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com