Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Autograph Tower Gedung Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 10/09/2023, 09:22 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Autograph Tower yang berada di dalam area Kompleks Thamrin Nine, Jakarta Pusat, resmi ditahbiskan sebagai pencakar langit tertinggi di Indonesia oleh Musium Rekor Indonesia (Muri).

Penganugerahan ini diberikan kepada Autograph Tower untuk kategori pencapaian gedung tertinggi di Indonesia berdasarkan kriteria superlatif terukur.

Dengan demikian, supertall yang dibangun oleh PT Putragaya Wahana ini menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Gama Tower milik duo konglomerat bersaudara Ganda-Martua Sitorus.

Untuk diketahui, Autograph Tower mengangkasa 385 meter (angka yang diakui Council on Tall Buildings and Urban Habitat 382,9 meter), sementara Gama Tower 288 meter.

Ketinggian Autograph Tower mencapai tiga kali lipat dari Monumen Nasional (Monas), sebagai ikon Ibu kota Jakarta.

Bahkan, gedung berlapis kaca ini diklaim sebagai yang tertinggi di seluruh belahan bumi bagian Selatan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai gedung tertinggi di Indonesia ini? Baca informasinya lewat tautan berikut Autograph Tower Catat Rekor Baru Muri, Gedung Tertinggi di Indonesia

Upaya pemekaran Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi provinsi baru terus dimatangkan.

Tim akademis dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) tengah melakukan studi kajian untuk mewujudkan provinsi di utara NKRI tersebut.

Pembentukan Provinsi Natuna-Anambas bisa diwujudkan melihat kepentingan strategis nasional yang ada di perbatasan Indonesia.

"Hasil kajian tim akademis UMRAH menemukan jika dinamika global dan kerawanan konflik di Laut China Selatan sangat membutuhkan adanya pemerintahan setingkat provinsi yang berlokasi langsung di Natuna," kata Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad di Batam, Jumat (8/9/2023).

Ansar megaku telah melakukan pertemuan dengan Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Khusus Kepulauan Natuna Anambas (BP3K2NA) di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (5/9/2023).

Baca informasi lengkap terkait pengusulan provinsi baru tersebut di sini Natuna-Anambas Diusulkan Jadi Provinsi Baru, Kepentingan Strategis Nasional Jadi Pertimbangan Utama

Pemerintah berencana melaksanakan Upacara Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Untuk mewujudkan mimpi IKN menjadi poros maritim dunia, pemerintah juga memiliki ambisi untuk boyongan dari Kota Jakarta ke IKN menggunakan kapal laut.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam Seremoni Pembukaan Nusantara Sail 2023 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Bahtera Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/9/2023).

"Mudah-mudahan nanti pada 17 agusutus 2024 kita akan boyongan ke sana dengan kapal. Tunjukkan bahwa kita memang bangsa pelaut," harap Basuki dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Basuki mengantar 101 pelayar Nusantara Sail 2023 dari Jakarta menuju Pulau Balang di Kalimantan Timur yang dekat dengan IKN.

Lantas, apa itu Nusantara Sail? Baca di sini Tahun Depan, Pemerintah Rencana Boyongan ke IKN Naik Kapal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com