Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Ada Gangguan Tupai di Jaringan Listrik, Ini Kata PLN

Kompas.com - 28/08/2023, 19:30 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Gangguan hewan liar seperti tupai menjadi salah satu penyebab dominan terjadinya korsleting hingga pemadaman jaringan listrik di Kepulauan Bangka Belitung.

Pemasangan penutup jaringan pun digiatkan demi mencegah terjadinya pemadaman.

Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sungailiat Bangka Abdul Rozak mengatakan, hubungan singkat jaringan salah satunya disebabkan tupai yang melintasi bagian Fuse Cut Out (FCO).

"Tupai sangat sering melewati jaringan kita, melintasi dan menyentuh dua konduktor fasa jaringan yang memicu FCO bekerja untuk pengamanan sehingga biasanya akan menyebabkan padam," kata Rozak di Bangka, Senin (28/8/2023).

Baca juga: Mengenal Penggunaan Woodchips dalam Sistem Co-Firing PLTU Bangka

Rozak menuturkan, agar area sensitif FCO tidak bekerja karena sentuhan hewan, maka saat ini digiatkan pemasangan cover pada FCO.

Selain itu juga dilakukan pemasangan alat penghalang hewan berupa ijuk, lempengan plat dan perangkap tupai. Sehingga tupai atau hewan liar lainnya tidak melintas jaringan ke Trafo dan FCO.

"Pengaman jaringan jika tupai sampai melintas ke Trafo dan FCO adalah dengan memasang cover atau penutup bushing di trafo dan FCO. Sebagian besar bushing trafo dan FCO di ULP Sungailiat sudah kami pasang penutup bushing," tambah Rozak.

Dia memastikan, saat pemasangan tutup bushing, PLN mempunyai prosedur sendiri yang harus dipedomani bersama. Terutama dari segi keamanan dan keselamatan baik itu personel maupun peralatan intalasi jaringan.

"Sebelum kami memasang tutup bushing, kami sudah berkomunikasi dengan control center PLN untuk dilakukan pemadaman terlebih dahulu dan melakukan safety briefing serta pengecekan peralatan dan kesehatan personel, karena safety ini sangat penting," ujar Team Leader K3L & Kam ULP Sungailiat Ricky Agustinus.

Baca juga: Harapan Adanya Dua KEK Pariwisata di Bangka Belitung Belum Padam

Menurut Ricky, setelah dilakukan pemasangan tutup bushing dan penghalang hewan di trafo dan FCO, insiden padam disebabkan gangguan hewan sudah sangat berkurang.

"Pemasangan tutup bushing ini sangat efektif dalam mencegah gangguan listrik dari hewan. Selain tupai, cover bushing ini efektif juga untuk burung, ular dan sebagainya. Padam akibat ganguan hewan sudah jauh berkurang dibandingkan sebelum terpasang tutup bushing ini," timpal Asisten Manager Jaringan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka Syahrianto.

"Kami sudah memetakan titik-titik gangguan hewan di jaringan kita, ini akan menjadi prioritas kami untuk pemasangan tutup bushing, selain itu upaya-upaya lain terus kami lakukan untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan Bangka," tutup Syahrianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com