Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepat HUT Ke-78 RI, Dubes Iwan Teken Prasasti Gedung Baru KBRI Sofia

Kompas.com - 18/08/2023, 16:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Ada yang berbeda dari perayaan HUT ke-78 RI di Sofia, Bulgaria, pada Kamis (17/8/2023) kali ini. Upacara bendera dan lomba seru diadakan di gedung baru KBRI Sofia.

Gedung megah yang terdiri dari lima lantai tersebut terletak di Jalan Simeonovo 18 dan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Luar Negeri RI dan juga Pemerintah Bulgaria.

Dalam rangkaian upacara, Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta menandatangani prasasti peresmian gedung.

Gedung baru KBRI Sofia tersebut merupakan perwujudan peningkatan infrastruktur diplomasi.

"Gedung yang semakin representatif serta kelengkapan sarana prasarana tentunya akan meningkatkan citra positif Indonesia dan kenyamanan kerja. Saya harapkan dapat meningkatkan efisiensi kinerja dari seluruh tim KBRI Sofia," ucap Iwan.

Baca juga: Dubes Iwan Bogananta Fasilitasi Rencana Investasi Bulgaria Senilai 50 Juta Dollar AS di IKN

Upacara Bendera berlangsung dengan khidmat yang dipimpin Asisten Atase Pertahanan KBRI Ankara dengan wilayah rangkapan Bulgari Mayor Laut (E) Adhyta Harfan sebagai komandan upacara.

Sementara pengibar Bendera Merah Putih adalah Reza Abidin, Rayyan Mirza Kiano Raissa, dan Nabila Raihana Zafira.

Konsul Kehormatan RI di Bulgaria serta Albania, Ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Albania dan para diaspora Indonesia di Bulgaria turut hadir sebagai peserta upacara.

Hadir juga dua orang mahasiswi Bulgaria yang akan menempuh pendidikan di Yogyakarta dengan beasiswa Darmasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, serta sepuluh orang tim dayung canoeing Indonesia yang sedang berlatih di Plovdiv, Bulgaria, untuk kejuaran dunia Duisburg, Jerman.

Baca juga: Juni 2023, Dubes RI Promosikan IKN Lewat Festival di Bulgaria

Dubes Iwan mengatakan, KBRI Sofia selalu terbuka untuk diaspora Indonesia dan diharapkan ke depannya semakin rutin berkumpul bersama dalam kegiatan yang bermanfaat dalam membangun komunitas Indonesia yang lebih erat.

Untuk terus melaju memajukan Indonesia, dibutuhkan kontribusi seluruh elemen masyarakat Indonesia baik di dalam negeri maupun luar negeri.

"KBRI Sofia senantiasa aktif mencapai target misi diplomasi dalam membantu mewujudkan Indonesia Emas 2045," ujar Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com