Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkah polah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seringkali mengundang gelak tawa.

Contohnya, saat Basuki yang menyamar menjadi fotografer Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada gelaran G20 akhir tahun lalu.

Kali ini, Basuki berhasil membuat suasana ruangan menjadi cair berkat lontaran candaan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait pakaian adatnya yang berwarna merah muda atau pink pada Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024 di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

"Saya tadi diprotes oleh Bu Menteri Keuangan, kok enggak pernah diajak ke lapangan (IKN). Soalnya kalau ke lapangan pakai baju pink kan jadi enggak enak juga," gurau Basuki.

Sri Mulyani yang berada di meja yang sama dengan Basuki lantas memberikan tanggapannya terkait candaan tersebut, sembari membagikan data anggaran infrastruktur IKN pada tahun 2024 mendatang.

"Jadi nanti kalau saya diajak ke sana (IKN), saya janji enggak pakai baju pink," ucap Sri Mulyani.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani memaparkan anggaran yang dikucurkan untuk infrastruktur IKN tahun depan adalah sebesar Rp 40,6 triliun.

Baca juga: Basuki Kebut Proyek 12 Tower Rusun ASN di IKN, Juli 2024 Siap Huni

Anggaran tersebut diserahkan kepada Kementerian PUPR sekitar Rp 35 triliun dan sisanya adalah porsi Kementerian Perhubungan untuk membangun Bandara VVIP IKN.

Lanjut Sri Mulyani, IKN merupakan proyek jangka panjang hingga tahun 2045.

"2024 dalam rangka untuk secara perpindahan yang layak supaya kita bisa melihat pusat pemerintahan," imbuh Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com