Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didorong Penjualan Residensial, Metland Raup Pendapatan Rp 613 Miliar

Kompas.com - 12/08/2023, 17:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada semester I 2023, PT Metropolitan Land Tbk (Metland) berhasil mencatatkan total pendapatan usaha sebesar Rp 613 miliar.

Jumlah tersebut tumbuh sebesar 25,4 persen dibandingkan periode yang sama, di mana pendapatan sebelumnya ada di angka Rp 488,8 miliar.

Sementara itu, laba bersih yang berhasil diraih kali ini sebesar Rp 134,9 miliar. Jumlah tersebut naik 21,9 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 110,7 miliar.

Baca juga: Metland Hadirkan Program Belanja Properti, Bidik Penjualan Rp 200 Miliar

Salah satu kontribusi terbesar pendapatan datang dari proyek residensial yang mengalami kenaikan pendapatan sebesar Rp 84,1 miliar atau 29,6 persen secara tahunan menjadi Rp 368,4 miliar.

Sedangkan pendapatan berulang naik sebesar Rp 40,1 miliar atau 19,6 persen secara tahunan menjadi Rp 244,6 miliar.

“Pendapatan penjualan residensial memberikan kontribusi sebesar 60 persen dari total pendapatan Semester I 2023. Sedangkan dari pendapatan berulang berkontribusi 40 persen,” ungkap Direktur PT Metropolitan Land Tbk, Olivia Surodjo.

 

Proyek yang sedang berjalan seperti Metland Cyber Puri, Metland Cibitung dan Metland Cileungsi menjadi penyumbang terbesar pada pendapatan penjualan Perseroan hingga kuartal II tahun 2023.

Sementara untuk pendapatan berulang, sumbernya berasal dari pertumbuhan positif dari unit usaha pusat perbelanjaan dan hotel yang dimiliki.

Pada akhir kuartal II 2023, Metland berhasil mencatatkan nilai aset hingga Rp 7 triliun dan ekuitas Perseroan Rp 4,85 triliun.

Baca juga: Metland Cetak Laba Bersih Tahun 2022 Senilai Rp 395,3 Miliar

Pengembangan Proyek Berjalan

Metland terus melanjutkan pemasaran proyek residensial dengan meluncurkan tipe atau klaster baru di hampir semua proyek.

Proyek Metland Transyogi Cibubur misalnya, yang mulai memasarkan Cluster Ivory dengan 2 lantai LT/LB 84/77 meter persegi pada kuartal III tahun ini. 

Kemudian ada juga Metland Cyber Puri yang kembali memasarkan The Northbend tahap 3 setelah sukses memasarkan (sold out) The Northbend tahap 2.

Selain itu, ada juga Metland Puri yang akan segera memasarkan ruko pada bulan Agustus 2023. Begitu pula dengan Metland Menteng dan Metland Cibitung yang akan mengeluarkan produk terbaru pada semester II 2023.

“Saat ini Metland juga telah mempersiapkan dua proyek residensial baru yang salah satunya
adalah Metland Cikarang. Penjualan Metland Cikarang akan dilakukan pada semester II 2023,” jelas Olivia.

Perseroan senantiasa melakukan inovasi strategi pemasaran, salah satunya adalah program tahunan Metland Blanjaproperti 2023 yang saat ini sedang berlangsung hingga 11 Oktober 2023.

Metland Blanjaproperti dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin mewujudkan memiliki rumah impian dengan menawarkan banyak promo.

Program ini juga mendapat dukungan dari Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan program suku bunga KPR sangat menarik mulai dari 3,45 persen (Bank Mandiri) dan spesial margin setara 2,5 persen selama 1 tahun dari BSI khusus pada program Metland Blanjaproperti 2023.

Hingga Juli 2023 marketing sales Metland yang terdiri dari pre sales dan recurring revenue mencapai Rp 895 miliar atau sekitar 50 persen dari target tahunan sebesar Rp 1,8 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com