Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indahnya Masjid Endan Andansih, Kawasan Wisata Religi di Purwakarta

Kompas.com - 12/08/2023, 11:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Daerah Purwakarta, Jawa Barat kini memiliki kawasan wisata religi baru yakni Masjid Endan Andansih.

Masjid yang berlokasi di Desa Neglasari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta telah diresmikan sejak Sabtu (17/6/2023).

Keindahan masjid ini pun membuat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berdecak kagum. Hal itu ia sampaikan saat menandatangani prasasti Masjid Endan Andansih, Jumat (11/8/2023).

Menteri Basuki didampingi Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh menandatangani prasasti Masjid Endan Andansih, Jumat (11/8/2023). 
Kementerian PUPR Menteri Basuki didampingi Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh menandatangani prasasti Masjid Endan Andansih, Jumat (11/8/2023).

Dalam proses penandatanganan prasasti, Menteri Basuki didampingi Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh.

Baca juga: Desa Reforma Agraria di Bogor Ini Masuk 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

“Selamat untuk peresmian Masjid Endan Andansih. Karena memang tidak banyak yang punya ide membangun kawasan wisata religi seperti ini. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan berkahnya,” kata Menteri Basuki seperti dikutip dari laman Instagram Kementerian PUPR. 

Masjid Endan Andansih, Purwakarta, Jawa BaratKementerian PUPR Masjid Endan Andansih, Purwakarta, Jawa Barat

Masjid Endan Andansih sendiri dibangun oleh Yayasan Endan Andansih di atas lahan seluas 18.965 m2 dan dapat menampung sekitar 1.200 jemaah.

Baca juga: Purwakarta Bakal Punya Kota Mandiri Industri Seluas 1.181,82 Hektar

Kawasan masjid juga dilengkapi dengan taman bermain, rumah singgah, Telaga Mulya, Restoran Rakyat Indonesia, serta UMKM Mandiri.

Kawasan di sekitar Masjid Endan Andansih, PurwakartaKementerian PUPR Kawasan di sekitar Masjid Endan Andansih, Purwakarta

Akses dari Jakarta menuju kawasan wisata ini juga telah didukung oleh Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) melalui akses keluar (exit toll) di Km 99 menuju Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

Ke depannya, akses masuk dari Kabupaten Purwakarta ke Jalan Tol Cipularang juga akan dibangun pada Km 99.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com