Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas KCJB Dapat Pelatihan Tanggap Darurat dari Tenaga Ahli China

Kompas.com - 29/07/2023, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) melaksanakan pelatihan tanggap darurat untuk petugas Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Selasa (25/7/2023).

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, petugas KCJB mendapatkan pelatihan langsung dari tenaga ahli China.

Pelatihan tanggap darurat ini merupakan rangkaian dari program pelatihan sumber daya manusia (SDM) operasional KCJB.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi petugas melalui simulasi dalam berbagai kondisi darurat.

Menurut Eva, penanganan yang baik pada kondisi darurat akan memberikan ketenangan dan kenyamanan selama proses evakuasi penumpang.

"Pelatihan ini diharapkan dapat membentuk dan mengasah kemampuan dalam penanganan kedaruratan perjalanan KCJB," ucap Eva, seperti dikutip dari keterangan resmi.

Lanjut Eva, petugas KCJB harus dapat bertindak dengan efisien dan terstruktur apabila terjadi insiden, kendala operasional atau kondisi darurat dalam operasional KCJB.

Baca juga: Warga Dilarang Bermain Layangan di Sekitar Jalur Kereta Cepat

Secara terperinci, ada tiga skenario kondisi kedaruratan yang disimulasikan dengan fokus jika terjadi peristiwa yang membutuhkan penanganan petugas serta evakuasi penumpang di area stasiun atau peron, di atas KCJB saat berada di jalur layang dan saat berada di terowongan.

Pelatihan diikuti oleh semua petugas KCJB baik di stasiun maupun selama dalam perjalanan, seperti petugas peron, pelayanan penumpang, kondektur, pramugari, masinis, pengamanan, dan lainnya.

Semua petugas diberikan pelatihan sebagai bentuk konsistensi KCIC dalam mengasah kemampuan para personelnya agar dapat tanggap mengelola dan menangani kondisi darurat.

Kendati demikian, KCIC sangat berharap kejadian yang sesungguhnya tidak terjadi. Namun, persiapan tanggap darurat tetap perlu dilakukan.

"Secara bertahap SDM KCJB akan terus ditingkatkan dan mendapatkan pelatihan lainnya untuk memastikan operasional KCJB aman dan nyaman bagi penumpang," ujar Eva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com