Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Tiga PSN Jalan Tol yang Mundur Penyelesaiannya

Kompas.com - 28/07/2023, 16:42 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga Proyek Strategis Nasional (PSN) jalan tol masuk dalam daftar pengajuan agar mendapat keringanan waktu penyelesaiannnya hingga Semester II-2024.

Pasalnya, Kementerian PUPR telah mendapat surat dari Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bahwa PSN harus selesai pada Semester I-2024.

"Nah, kami sedang bersurat ke beliau bisa kita lakukan tapi ada beberapa yang semester II. Nah, semester II ini kami mintakan dispensasi pada beliau," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai sambutan pada acara Sewindu PSN di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Menurut dia, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah sedang membuat surat dispensasi tersebut untuk kemudian diserahkan kepada Airlangga.

"Sedang dibikin suratnya oleh Pak Sekjen karena kalau gak ada dispensasi multi-years contract-nya tidak akan keluar. Jadi, multi-years contract permission-nya," tukasnya.

Baca juga: LMAN Kucurkan Rp 113,689 Triliun untuk Lahan PSN, Terbesar Jalan Tol

Lantas, apa saja PSN jalan tol yang penyelesaian pembangunannya molor dari tenggat waktu yang ditentukan Menko Bidang Perekonomian? Berikut daftar sekaligus profilnya:

1. Tol Serang-Panimbang

Jalan Tol Serang-Panimbang termasuk dalam salah satu PSN yang berpotensi tidak bisa selesai pembangunannya pada Semester I-2024. 

Jalan tol yang membentang sepanjang 83,67 kilometer itu terbagi tiga seksi. Di mana baru Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer yang telah beroperasi.

Sementara, Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 kilometer dan Seksi 3 Cileles-Panimbang 33 kilometer masih dalam proses konstruksi.

Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dilaksanakan dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai total investasi sebesar Rp 8,58 triliun.

Pengusahaan jalan tol itu dilaksanakan oleh PT WIKA Serang Panimbang selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Pembangunan jalan tol juga terbagi menjadi dua porsi. Untuk porsi BUJT yakni Seksi 1 dan 2 mulai dari Serang-Cileles. Sementara porsi Pemerintah yakni Seksi 3 Cililes-Panimbang.

2. Tol Akses Patimban

Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban dimungkinkan tidak bisa selesai pada Semester I-2024. Mengingat Kementerian PUPR juga sempat melakukan tender ulang proyeknya.

"Tender ulang, ya ada ketidaksempurnaan," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Hedy Rahadian saat ditemui usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (04/07/2023).

Baca juga: Tol Cigombong-Cibadak Diresmikan Kuartal III-2023

Sebagai informasi, porsi pembangunan jalan tol yang membentang sepanjang 37,05 kilometer dan memiliki lima seksi ini terbagi menjadi dua.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com