Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus 2023, Tol Bocimi Seksi Cigombong-Cibadak akan Beroperasi

Kompas.com - 12/07/2023, 19:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) memastikan ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi–Sukabumi (Bocimi) seksi Cigombong–Cibadak akan beroperasi pada bulan Agustus tahun 2023.

Selain Tol Bocimi, Jalan Tol Pasuruan–Probolinggo (Paspro) seksi Probolinggo Timur–Gending juga direncanakan bisa beroperasi pada triwulan III 2023.

Sebelumnya dua ruas tol tersebut sudah beroperasi secara fungsional ketika mudik Lebaran beberapa bulan lalu.

Pengoperasian fungsional tersebut merupakan bagian dari sosialisasi awal sebelum keduanya beroperasi di tahun ini.

Baca juga: Meski Tol Bocimi Diambil Alih HK, Waskita Masih Bisa Jadi Kontraktornya

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, disebutkan bahwa pada tanggal 3–4 Juli lalu, telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada Jalan Tol Bocimi seksi Cigombong–Cibadak.

Saat ini progress keseluruhan seksi Cigombong–Cibadak yang berkaitan dengan pengoperasian telah selesai. Diharapkan ruas sepanjang 11,9 Km ini dapat beroperasi dan bertarif pada bulan Agustus 2023.

Sedangkan pada jalan tol Paspro seksi Probolinggo Timur–Gending sepanjang 8,57 Km telah menyelesaikan ULF dan ULO pada tanggal 22–23 Mei 2023.

Saat ini, pengelola sedang menunggu keputusan Sertifikat Laik Operasi (SLO), ditargetkan untuk dapat beroperasi pada triwulan III 2023.

Director of Control & QHSE Waskita Tollroad, Mokh. Sadali mengatakan kegiatan ULF dan ULO dilaksanakan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan sesuai dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik.

 

Dengan dioperasikannya Jalan Tol Bocimi seksi Cigombong–Cibadak dan Jalan Tol Paspro seksi Probolinggo Timur–Gending nanti, diharapkan dapat mempermudah akses dan mempersingkat perjalanan masyarakat.

Jika sudah beroperasi penuh, nantinya Ruas Tol Paspro akan memangkas waktu tempuh dari Pasuruan menuju Gending.

Lokasi Ruas Tol Paspro yang strategis dapat mempermudah akses menuju area pariwisata nasional, seperti Gunung Bromo dan Tengger Semeru, dan juga menyambungkan berbagai wilayah di Jawa Timur.

Sementara ruas Tol Cigombong–Cibadak akan menjadi alternatif penghubung jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa di Wilayah Jawa Barat.

Baca juga: Nilai Investasi Rp 25 Triliun, Tol Puncak Bakal Tersambung ke Bocimi

Dengan terhubungnya Jalur Pansela dengan Tol Bocimi diharapkan akan mempermudah akses menuju kawasan pariwisata unggulan di sekitar Sukabumi seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Situ Gunung hingga Pantai Ujung Genteng.

Sadali mengatakan, pengoperasian kedua ruas baru tersebut merupakan bentuk kontribusi langsung dari Waskita Toll Road dalam meningkatkan konektivitas antar daerah.

"Kami berharap adanya pengoperasian tersebut dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan masyarakat, serta dapat memajukan perekonomian penduduk sekitar,” tandas Sadali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com