Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Beton Siap Suplai Material Proyek Tol Bocimi Seksi 3

Kompas.com - 05/04/2023, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) bakal menyuplai material proyek Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 kilometer.

Beberapa produk yang akan disuplai, antara lain spun pile, PCI-Girder, full slab, CCSP yang dikirim langsung dari Plant Sadang, Plant Karawang, dan readymix dari BP Bocimi.

Sementara saat ini, WSBP tengah menyuplai produk untuk Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong–Cibadak 11,9 kilometer.

Director of Operations WSBP, Sugiharto menyatakan, progres suplai produk precast sudah mencapai 100 persen dan readymix 98 persen.

"Tentu kami mendukung penyelesaian progres tol Proyek Strategis Nasional (PSN) ini khususnya di Ruas Cigombong–Cibadak Jembatan Utama sepanjang 11,9 kilometer," ujar Sugiharto dalam keterangan resminya.

Sedangkan progres pekerjaan konstruksi yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah mencapai 94,12 persen.

Sehingga jalan tol ini dinyatakan sudah dapat dilalui masyarakat sebagai alternatif jalur mudik dan balik Idul Fitri 2023.

Baca juga: Tol Cipali Jadi Favorit Pemudik, Pemerintah Siapkan One Way hingga Gage

Pekerjaan konstruksi ditargetkan selesai secara menyeluruh dengan pekerjaan sisa, yaitu gerbang tol, kantor tol dan exit tol pada Juni 2023.

"Kami optimis dapat memenuhi suplai dengan baik. Tentunya dengan dukungan 4 plant milik WSBP, antara lain Plant Bojonegara dan 3 plant di Jawa Barat, yakni Plant Karawang, Plant Subang, dan Plant Sadang," tambah Sugiharto.

Keempat plant tersebut mampu memproduksi dan menyuplai produk spun pile berdiameter 600 mm, full slab, dan PC-I Girder. Untuk produk readymix disuplai dari BP Parung Kuda dan BP Cigombong.

Tol Bocimi Seksi 2 juga rencananya akan dioperasikan secara fungsional pada mudik Lebaran 2023.

Harapannya tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan menuju wilayah Sukabumi dan sekitarnya termasuk akses menuju Pelabuhan Ratu.

Selain itu, dapat menggerakkan roda ekonomi di wilayah Sukabumi dan mengembangkan potensi wisata di Sukabumi dengan panorama indah perbukitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com