Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tontonan Warga di Bangka Belitung, Sapi Kurban Jokowi Dipastikan Bebas LSD

Kompas.com - 30/06/2023, 11:17 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Prosesi penyembelihan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo menarik perhatian masyarakat di Desa Kace, Kecamatan Mendo Barat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (29/6/2023).

Masyarakat tumpah ruah memadati pelataran Masjid Kurnia, Desa Kace, karena penasaran ingin melihat langsung penampakan sapi bantuan kepala negara.

Sapi tersebut dipastikan telah melewati uji kesehatan sehingga aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: Beres Masak Daging Kurban, Jangan Lupa Cuci Benda Ini

Kepala Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Pangan Kementerian Pertanian RI Hidayat yang hadir di lokasi mengatakan, sapi kurban pemberian Presiden Jokowi telah melalui serangkaian pengujian.

Ia memastikan daging sapi yang nantinya akan diserahkan kepada warga telah bebas dari LSD (Lumpy Skin Disease) serta penyakit hewan ternak lainnya.

"Tentu sudah kita lakukan pengujian, kita pastikan bebas LSD, tidak ada penyakit lainnya, dan sangat layak untuk dikonsumsi," tegas Hidayat.

Sapi kurban seberat 1.059 kilogram itu diterima oleh Kepala Desa (Kades) Kace, Rosmin, di pelataran Masjid Kurnia.

Rosmin menyebutkan, diserahkannya sapi kurban kepada Desa Kace merupakan anugerah sekaligus amanah.

"Segenap warga Desa Kace mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, dalam hal ini diserahkan oleh Pj Gubernur, terima kasih atas anugerah sekaligus amanah yang telah diberikan kepada warga Desa Kace," ucapnya.

Baca juga: Setelah Masak Daging Kurban, Segera Cuci 4 Peralatan Dapur Ini

Rosmin menuturkan, sapi kurban pemberian presiden dibagikan kepada warga di 23 RT (Rukun Tetangga) Desa Kace, ditambah 10 ekor sapi dan 15 kambing yang berasal dari kurban warga.

Pj Gubernur Suganda mengatakan, dipilihnya Desa Kace untuk menerima sapi kurban dari Presiden RI merupakan suatu amanah yang patut disyukuri.

Suganda berpesan agar tradisi kurban ini dapat dijadikan momentum kepedulian antar sesama, meningkatkan rasa saling berbagi, dan memperkuat silaturahmi.

"Kita jadikan sebagai momentum untuk saling berbagi, memperkuat silaturahmi dan keakraban. Saya atas nama pribadi, bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel mengucapkan selamat hari raya idul adha 1444 H," tutur Suganda.

Dalam kesempatan itu pula, Suganda yang didampingi Pj Ketua TP TKK Babel Maya Suganda Pasaribu, turut menyaksikan langsung prosesi penyembelihan sapi kurban pemberian Presiden RI.

Baca juga: Tak Jual Alkohol dan Daging Babi, Minimarket di Perancis Terancam Ditutup

Penyembelihan dilakukan oleh Ketua MUI Kota Pangkalpinang sekaligus warga Desa Kace, Syamsuni Soleh, yang berlangsung khidmat dan lancar.

Suka cita bukan hanya datang dari panitia kurban, melainkan segenap warga Desa Kace yang berduyun turut menyaksikan penyembelihan.

Rumini salah satu warga menyampaikan antusias menyaksikan penyembelihan sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo, yang dianggapnya sebagai suatu momen yang langka.

"Kami senang, terima kasih sudah memikih desa kace, ini mungkin kita tidak tahu kapan lagi desa kace bisa dapat kurban dari Presiden," ucapnya antusias.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com