Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2023, 21:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal dimulai setelah pemindahan ibu kota negara tahap pertama dilaksanakan tahun 2024.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Diana Kusumastuti mengatakan, saat ini proyek Gedung DPR di IKN masih dalam tahap perencanaan.

"Basic design-nya kemarin kan sudah kita sayembarakan," kata Diana saat ditemui usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI di Jakarta pada Selasa (13/6/2023).

Lanjut Diana, setelah basic design ditetapkan, maka proyek tersebut bisa dilelangkan dengan design and build.

"Tapi tidak tahun 2024 ini, setelah tahun 2024," imbuh Diana.

Pada kesempatan yang sama, Diana menjelaskan Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya menggarap 38 paket pekerjaan di IKN senilai Rp 5,33 triliun.

Sebanyak 15 paket senilai Rp 2,64 triliun di antaranya sudah tayang lelang dengan 9 paket senilai Rp 1,96 triliun sudah mulai beralih ke tahap konstruksi.

Baca juga: Lahan Mixed-use di IKN Ditawarkan ke Pengusaha Asal Perancis

"Konstruksi ini antara lain land development di 1B, kemudian land development 1C dan pembangunan jaringan pipa transmisi air minum untuk SPAM Sepaku Paket 1," papar Diana.

Selanjutnya, ada 23 paket pekerjaan di IKN yang belum lelang senilai Rp 2,69 triliun dengan harapan pelaksanaan lelang bisa dilakukan pada bulan Juni 2023 ini.

Beberapa paket yang bakal dilelang bulan ini antara lain, prasarana pemerintahan 2 ibu kota negara, bangunan gedung masjid negara, jaringan air limbah, dan kantor Kementerian PUPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com