Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun Lansia Kini Hadir di Cibubur, Nih Sederet Fasilitasnya

Kompas.com - 30/05/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan generasi muda, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga membangun rumah susun (rusun) khusus bagi para orang lanjut usia (lansia).

Kali ini, rusun yang diperuntukan bagi para lansia tersebut berlokasi di daerah Cibubur, Jakarta Timur,

Salah seorang penghuni rusun lansia tersebut adalah Dra Indira Larasati (82 tahun). Menurut pensiunan guru salah satu SMA di Madiun, Jawa Timur tersebut, kehadiran rusun ini sangat bermanfaat bagi para lansia.

Selain memiliki fasilitas lengkap, desain bangunan dan lanskap yang tertata dengan baik juga membuat para lansia merasa betah tinggal di rusun. 

“Saya betah tinggal di rusun ini, soalnya fasilitasnya lengkap dan petugas yang berjaga juga sangat ramah dan baik. Di setiap kamar juga sudah ada tempat tidur serta kasur dan bantal, lemari pakaian, meja dan kursi makan serta kamar mandi yang bersih dalam unit huniannya,” tutur dia dilansir dari rilis dari Kementerian PUPR, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Jangan Tinggal di Rusun Sebelum Tahu Cara Menghitung Tarif Sewanya

Wanita yang sudah tinggal di panti jompo selama 16 tahun tersebut meminta pemerintah untuk lebih memperbanyak pembangunan rusun untuk para lansia di berbagai kota di Indonesia.

Pasalnya, keberadaan para lansia mau tidak mau juga harus menjadi perhatian mengingat jumlahnya juga semain meningkat setiap tahun.

“Kalau bisa rusun lansia seperti ini ada di berbagai kota di Indonesia. Para lansia juga perlu hunian yang layak dan nyaman,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh lansia lainnya bernama Ida Ismail Nasution (78 tahun).

Dirinya mengaku tinggal di Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan bersama suaminya Nazaruddin Nasution (82 tahun) sejak tiga tahun lalu.

Ida menjelaskan, tinggal di panti jompo pada dasarnya bukan berarti menjadi orang tua yang tidak mendapat perhatian dari anak-anaknya.

Baca juga: Dibangun Rp 21 Miliar, Intip Desain Rusun Lansia Gorontalo

Akan tetapi, hal itu juga menjadi pilihan orang tua supaya mereka bisa menjalani masa tua bersama para lansia lainnya.

“Kami senang pemerintah juga memberikan perhatian berupa pembangunan rusun bagi para lansia seperti kami ini. Kami juga senang karena anak-anak dan cucu juga bisa datang ke sini dan berharap pemerintah bisa memberikan keringanan dalam tarif listrik dan air khusus bangunan rusun lansia ini,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto berharap, para penghuni rusin tetap bisa menikmati masa tua dengan tinggal di hunian layak dan nyaman.

Adapun rusun lansia di Cibubur memiliki satu tower berukuran panjang 86,75 x 20,7 meter dengan sistem konstruksi beton precast. Rusun ini terdiri dari tiga lantai dengan total 90 unit hunian tipe 24.

Rusun tersebut juga dirancang dengan menggunakan desain ramah difabilitas yang dilengkapi dengan ramp dan lift untuk kursi roda, handrail di sepanjang koridor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com