Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triwulan I-2023, Batam Sumbang 78 Persen Ekspor Kepulauan Riau

Kompas.com - 17/05/2023, 05:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Kota Batam memiliki peran penting terhadap perekonomian Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Selain menyumbang 82,9 investasi, Batam juga ikut memberikan andil besar terhadap kegiatan ekspor di Kepri.

Sepanjang Triwulan I (Januari-Maret) 2023, kontribusi ekspor Batam mencapai 78 persen dari total ekspor Provinsi Kepri sebesar 5.105,95 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 75,8 triliun.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menyambut baik kabar tersebut. Hal itu tidak terlepas dari upaya dan rencana strategis BP Batam dalam memodernisasi fasilitas pelabuhan demi memperlancar perdagangan ke luar negeri.

Baca juga: 22 Proyek Infrastruktur di Batam Akan Dibangun hingga 2024

"BP Batam berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan dan peningkatan infrastruktur. Khususnya modernisasi pelabuhan. Hal ini agar kegiatan ekspor bisa berjalan maksimal," kata Rudi.

Badan Pusat Statistik (BPS) Batam mencatat, nilai ekspor Kota Batam pada bulan Maret 2023 terbesar datang dari Pelabuhan Batu Ampar dengan capaian 858,44 juta dolar AS.

Kemudian, Pelabuhan Sekupang dengan nilai 223,55 juta dolar AS, dan Pelabuhan Kabil/Panau dengan nilai 81,52 juta dolar AS.

Ada pula sumbangsih dari Pelabuhan Belakang Padang dengan capaian 59,38 juta dolar AS dan Batam Island sebesar 6,01 juta dolar AS.

"Kontribusi kelima pelabuhan tersebut sebesar 98,91 persen dari total ekspor Kota Batam secara keseluruhan pada bulan Maret 2023 lalu," terang Rudi.

Sedangkan negara yang menjadi tujuan ekspor Batam didominasi oleh Singapura (1.443,01 juta dolar AS), Amerika Serikat (1.028,94 juta dolar AS), China (286,08 juta dolar AS), Jepang (113,37 juta dolar AS), dan India (95,41 juta dolar AS).

Rudi optimistis, nilai ekspor Batam bakal terus meningkat seiring pembangunan dan peningkatan Pelabuhan Batu Ampar yang sedang berlangsung.

Dia berharap, pelabuhan tersebut dapat menjadi pelabuhan bongkar muat modern ke depannya.

"Pembangunan yang sedang dikerjakan adalah untuk kepentingan umum. Saya optimis, pertumbuhan ekonomi daerah akan meningkat seiring kemajuan Kota Batam," pungkas Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com