Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Kota Modern Batam Usung Konsep Green and Sustainable City

Kompas.com - 11/05/2023, 13:54 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam sedang berkonsentrasi menyiapkan desain kota modern untuk masyarakat Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, saat ini tengah merancang beberapa rencana strategis untuk mempercepat realisasi investasi ke depan.

Salah satunya dengan mengkaji desain pengembangan Pulau Rempang sebagai The New Engine of Indonesian's Economic Growth dengan konsep green and sustainable city.

Tidak hanya itu, sejumlah rencana lain pun tak dapat terpisahkan dari upaya BP Batam dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Seluruh Aset Jalan Provinsi Kepri di Batam Diserahkan ke Pemkot Batam

Seperti pembangunan Terminal 2 Bandara Internasional Hang Nadim Batam, peningkatan serta pengembangan infrastruktur jalan arteri, serta menyiapkan desain proyek transportasi modern berupa Light Rapid Transit (LRT).

Desain perluasan Bandara International Hang Nadim BatamBP Batam Desain perluasan Bandara International Hang Nadim Batam
“Tujuannya untuk menghidupkan industri di Kota Batam yang kita cintai ini. Untuk itu, kami membutuhkan dukungan masyarakat,” kata Rudi.

Menurutnya, desain Terminal 2 Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah selesai. Saat ini, tinggal menunggu proses lelang untuk pengerjaannya ke depan.

Begitu pun dengan desain LRT yang akan rampung dalam waktu dekat.

“Ketika Batam menjadi kota modern, transportasinya pun juga harus modern. Akan tetapi, masih perlu pembahasan yang detail apakah modelnya yang seperti kapsul atau yang panjang. Masih akan kami kaji,” papar Rudi.

Rudi optimistis, pesatnya pembangunan infrastruktur Batam akan selaras dengan kemajuan investasi ke depannya.

Rancangan desain LRT BatamBP Batam Rancangan desain LRT Batam
Terbukti, Batam masih mendominasi realisasi investasi di Provinsi Kepri dengan capaian 82,9 persen pada kuartal pertama tahun 2023.

Seperti catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Batam, sepanjang tahun 2022 lalu, ekonomi Batam tumbuh sebesar 6,84 persen.

Persentase tersebut lebih tinggi dari dari angka pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri dan Nasional yang hanya mencatatkan persentase sekitar 3,15 persen dan 5,31 persen.

“Mari bersama mendukung kemajuan investasi. Saya sangat cinta dengan Kota Batam, harapannya seluruh pihak dapat mendukung rencana pembangunan ini agar memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi nantinya,” pungkas Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com