Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal Ini Bisa Bikin Sebuah Kota Terlihat Lebih Menarik

Kompas.com - 03/05/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tinggal di daerah perkotaan terutama di kota-kota besar yang ada di dunia tentu akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para penghuninya.

Fasilitas modern, gedung-gedung bertingkat serta akses yang mudah ke berbagai tempat hiburan membuat kota jadi pilihan tempat tinggal banyak orang.

Namun demikian, dari begitu banyaknya kota yang indah di seluruh dunia, hanya ada beberapa saja yang terlihat menarik dan membuat pelancong ingin datang kembali.

Baca juga: San Fransisco Jadi Kota dengan Biaya Konstruksi Termahal di Dunia

Seperti dikutip dari kanal YouTube School of Life, berikut 6 hal yang membuat sebuah kota terlihat lebih menarik.

1. Tidak semrawut

Tampilan bangunan di Alun-alun utama kota Telc, Republik Ceko. Deretan bangunan yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki bentuk dan ketinggian yang seragam. Namun desainnya dibuat berbeda antar gedung. Shutterstock Tampilan bangunan di Alun-alun utama kota Telc, Republik Ceko. Deretan bangunan yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki bentuk dan ketinggian yang seragam. Namun desainnya dibuat berbeda antar gedung.

Salah satu tampilan kota yang difavoritkan banyak orang adalah teratur atau tidak semrawut. Sebuah kota yang teratur berarti memiliki keseimbangan, simetri dan pengulangan.

Hal ini berarti sisi kota bagian kiri terlihat cocok dan serasi dengan dengan sisi kota sebelah kanan. Keteraturan ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai Paris.

Kota-kota yang tata bangunannya tidak teratur memberi kesan berantakan dan tidak direncakan dengan baik. Misalnya ada bangunan tinggi menjulang tepat di sebelah tempat parkir yang berantakan. Tentu tampilan ini cukup mengganggu,

Meskipun demikian, terlalu banyak keteraturan bisa menghancurkan tampilan kota secara keseluruhan. Bangunan-bangunan yang terlalu seram justru akan menciptakan perasaan kaku dan asing.

Jadi tampilan ideal dari sebuah kota adalah mengkombinasikan antara keragaman dan keteraturan.

Ide ini bisa dilihat pada deretan bangunan di kota Telc, Republik Ceko. Di sana, setiap rumah memiliki lebar dan tinggi yang sama namun memiliki warna dan bentuk yang berbeda-beda.

Prinsip serupa juga diterapkan pada kawasan Jawa-eiland di Amsterdam. Setiap bangunan yang ada memiliki tinggi dan lebar yang sama namun memiliki desain yang berbeda.

2. Suasana kota yang hidup

Hal selanjutnya yang membuat sebuah kota menjadi menarik adalah suasana di dalamnya yang terlihat hidup.

Anda bisa menyaksikannya di jalan-jalan di kota Hong Kong atau di kota Venesia, di mana orang-orang sibuk beraktivitas, nongkrong di kafe atau berkumpul bersama keluarga menikmati street food.

Bandingkan ini dengan jalanan yang sepi di banyak kota modern. Hanya ada sinar lampu dari kendaraan dan gedung-gedung tapi jarang dilihat orang berlalu-lalang sambil berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com