Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rest Area Baru di Tol Cipali Siap 17 April, Segini Kapasitasnya

Kompas.com - 10/04/2023, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan memiliki rest area baru yang sifatnya fungsional untuk mendukung momen mudik Lebaran 2023.

Pasalnya, Tol Cipali diprediksi menjadi titik yang padat kendaraan sehingga rawan macet.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun telah meninjau kesiapan Tol Cipali sekaligus progres pembangunan Rest Area di KM 81 pada Minggu (09/04/2023).

"Akan ada Rest Area sementara di KM 81 baik di Jalur A dan B berkapasitas sekitar 125 mobil dilengkapi mobile toilet akan siap pada 17 April 2023," ujar Basuki dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Jumlah Toilet di Rest Area Jalan Tol Ditambah, Bebas Tarif!

Selain penambahan rest area, juga terdapat pekerjaan pelebaran jalan di Tol Cipali yang ditargetkan bisa selesai pada Rabu (12/04/2023).

"Untuk pelebaran jalan di Tol Cipali akan selesai pada 12 April 2023," tukasnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pernah mengatakan bahwa Jalan Tol Cipali akan dipadati pemudik pada Lebaran 2023.

Sebab, para pemudik tahun ini masih akan didominasi oleh pengguna mobil pribadi yang mencapai 27,32 juta orang.

Oleh karena itu, perlu adanya persiapan pengaturan lalu lintas di Jalan Tol Cipali. Mulai dari one way, contra flow, hingga penambahan petugas lapangan dan rest area.

"Di Cipali yang istimewa adalah jumlah pemudik banyak sekali, sehingga beberapa rekayasa lalu lintas itu akan kita lakukan yang akan dijalankan oleh Kakorlantas," kata Budi Karya dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Selasa (4/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com