Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rest Area Baru di Pansela Jawa, Berikut Profil dan Fasilitasnya

Kompas.com - 04/04/2023, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang hendak mudik Lebaran 2023 via Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa kini memiliki pilihan tempat beristirahat baru.

Pasalnya, Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga telah menyelesaikan pembangunan Rest Area Girisubo Swanayasa yang termasuk dalam Paket Pekerjaan Jembatan Kretek 2 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rest Area Girisubo Swanayasa yang terletak di Kabupaten Gunungkidul memiliki luas 7.340 meter persegi dan berjarak sekitar 82 km dari Pantai Parangtritis, serta 32 km dari Kabupaten Wonosari.

Perjalanan menuju Rest Area tersebut melintasi beberapa pantai berpanorama indah di wilayah pesisir pantai selatan.

Baca juga: Kemantapan Lintas Pansela Jawa Hampir Sempurna, Siap Sambut Pemudik

Rest Area Girisubo Swanayasa di Jalur Pansela Jawa turut Kabupaten Gunungkidul.Dok. Kementerian PUPR Rest Area Girisubo Swanayasa di Jalur Pansela Jawa turut Kabupaten Gunungkidul.
Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta pada Senin (3/4/2023), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga telah mengapresiasi pembangunan Rest Area Girisubo Swanayasa.

"Sudah bagus. Tolong dikasih tanda atau umbul-umbul supaya terlihat. Kemudian ditambahkan signage yang menunjukkan letak mushala, toilet, sentra kuliner dan lain-lain," jelas Basuki dalam keterangan resmi dikutip dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR pada Selasa (4/4/2023).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DIY, Ditjen Bina Marga Wida Nurfaida menjelaskan, Rest Area Girisubo Swanayasa dilengkapi dengan area parkir berkapasitas 6 kendaraan besar, 24 mobil, dan 44 motor.

Pada bangunan Limasan 1 dan Limasan 2 disediakan dine in area berkapasitas 120 dan 86 kursi, ATM center, Toko Souvenir, Tenant F&B, toilet, Kids Area dan 4 VIP Room, serta kantor operasional.

"Ada juga amphiteater berkapasitas 60 kursi untuk event-event budaya seperti sendratari. Dan kami sediakan ruang eksibisi supaya para pengrajin lokal dapat mengikuti pameran," terangnya.

Ke depannya, Kementerian PUPR akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah terkait monitoring operasional rest area dan pengembangan produk-produk lokal.

"Akan diadakan juga program-program kegiatan rutin sesuai dengan potensi budaya dan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kunjungan," tuturnya.

Baca juga: Pemerintah Geber Penanganan 40,27 Kilometer Jalur Pansela Tahun Ini

Rest Area Girisubo Swanayasa di Jalur Pansela Jawa turut Kabupaten Gunungkidul.Dok. Kementerian PUPR Rest Area Girisubo Swanayasa di Jalur Pansela Jawa turut Kabupaten Gunungkidul.
Dia berharap, pembangunan Rest Area Girisubo Swanayasa ini dapat meningkatkan potensi ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Harapannya, para wisatawan atau pemudik yang melalui jalur Pansela nanti dapat beristirahat disini dan dapat meningkatkan potensi perekonomian bagi masyarakat sekitar," kata Wida.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 BBPJN Jawa Tengah - DIY Julian Situmorang mengatakan, secara keseluruhan Paket Pekerjaan Jembatan Kretek 2 sudah selesai pada Januari 2023.

"Konstruksi seluruhnya sudah 100%, untuk Jembatan Kretek 2 juga sudah uji coba fungsional sejak akhir Januari 2023 lalu bersama dengan Bupati Bantul. Tinggal menunggu peresmian," tandasnya.

Paket Pekerjaan Jembatan Kretek 2 dibangun oleh penyedia jasa Wika-Hutama Joint Operation dengan anggaran sebesar Rp 364 miliar yang berasal dari dana loan Islamic Development Bank (IsDB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com