Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Toilet di Rest Area Jalan Tol Ditambah, Bebas Tarif!

Kompas.com - 07/04/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Toilet menjadi salah satu kelengkapan rest area di jalan tol yang dibutuhkan pemudik Lebaran 2023.

Untuk itu, Kementerian PUPR berupaya menambah ketersediaan toilet agar tidak terjadi antrean dan penumpukan di rest area.

Mengutip informasi dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), sejauh ini terdapat 127 rest area di seluruh jalan tol di Indonesia.

Terdiri dari rest area Tipe A sebanyak 79, Tipe B sebanyak 38, dan Tipe C berjumlah 10.

Sementara, jumlah toilet di rest area pada tahun 2022 sebanyak 6.175 toilet. Namun, untuk menyongsong momentum Lebaran 2023, jumlahnya telah ditambah.

"Tahun ini kita tambahkan 2.833 toilet, sehingga totalnya 9.008 toilet yang tersebar di 117 rest area," terang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI pada Selasa (04/04/2023).

Baca juga: Ingat! Durasi Istirahat di Rest Area Maksimal Cuma 30 Menit

Basuki berharap, penambahan jumlah toilet di rest area jalan tol dapat memperlancar kebutuhan buang air kecil para pemudik.

Sebab, jumlah toilet yang tidak sebanding dengan pemudik kerap membuat rest area penuh dan berdampak pada arus lalu lintas jalan tol.

Sementara dalam pengoperasioan toilet, Kementerian PUPR juga menginstruksikan pengelola rest area agar tidak mengenakan biaya, alias gratis.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT Ali Rachmadi Nasution menegaskan, pengoperasian toilet di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area jalan tol selama masa mudik dan balik Lebaran 2023 diwajibkan gratis.

"Bila ada pengelola rest area yang menetapkan tarif, segera laporkan kepada BPJT," jelas Ali saat media gathering Lebaran Semakin Berseri, Astra Infras, Selasa (4/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com