Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Ada Tambahan Dua Rest Area di Jalan Tol Jateng, Ini Titiknya

Kompas.com - 05/04/2023, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2023 via jalan tol yang menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur kini memiliki tambahan pilihan rest area.

Pasalnya, terdapat dua rest area baru di Jawa Tengah yang dioperasikan.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono menyampaikan, jumlah rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di seluruh ruas jalan tol yang beroperasi sebanyak 127 TIP. Dengan rincian, TIP A sebanyak 79, TIP B berjumlah 38, dan TIP C berjumlah 10.

Di mana terdapat dua TIP baru di Jawa Tengah yang akan difungsionalkan, yaitu pada TIP KM 338 dan KM 339 di Ruas Tol Pemalang-Batang.

"Selain itu ada tambahan SPKLU untuk kendaraan listrik pada 16 rest area. Sehingga rest area sudah mendukung untuk kendaraan listrik," jelas Triono dalam keterangan resmi dikutip dari laman BPJT, Rabu (05/04/203).

Baca juga: Ingat! Durasi Istirahat di Rest Area Maksimal Cuma 30 Menit

Kondisi rest area jalan tol yang baik dan tidak menimbulkan kemacetan menjadi salah satu fokus utama BPJT jelang momen Mudik Lebaran kali ini.

Sebab, menurut Kemenhub dan Koorlantas Polri, arus lalu lintas jalan tol diprediksi akan meningkat pesat dibandingkan tahun 2021 lalu.

"Kami akan coba optimalkan traffic-flow kendaraan pada saat masuk ke rest area sesuai arahan Kemenhub dan Kakorlantas agar tidak terjadi antrian padat sampai keluar jalan tol," tambahnya.

BPJT berupaya memaksimalkan dan mengoptimalkan pelayanan pada jalan tol operasi.

"Kami memastikan jalan kondisi jalan tol dalam kondisi mantap tanpa lobang pada maksimal H-7," tandas Triono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com