Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Solo-Klaten Dibuka Fungsional untuk Pemudik Lebaran 2023

Kompas.com - 04/04/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Klaten 22,3 kilometer akan dibuka secara fungsional sepanjang 6 kilometer pada mudik Lebaran 2023.

Tol ini merupakan salah satu paket dari Ruas Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, tepatnya di Seksi 1 Kartasura-Purwomartani 42,38 kilometer.

Sementara paket 2 ruas tol ini adalah Klaten-Purwomartani sepanjang 20,08 kilometer.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, progres konstruksi Tol Seksi 1.1 Solo-Klaten telah mencapai 50,15 persen.

"Sehingga dapat difungsionalkan sepanjang 6 kilometer yang terdiri dari konstruksi rigid 4 kilometer dan lean concrete 2 kilometer pada mudik Lebaran 2023 nanti," kata Hedy dalam keterangan resminya.

Pengoperasian Tol Solo-Klaten dilakukan untuk menghindari penumpukan arus keluar masuk tol di area Purwomartani.

Selain itu, juga untuk memudahkan arus keluar masuk Yogyakarta via Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang akan terhubung dengan tol ini.

Fungsional Seksi 1.1 untuk arus mudik Lebaran direncanakan menggunakan satu jalur dan dua lajur bagi kendaraan golongan I dengan waktu penggunaan jalan pada pukul 07.00-17.00 WIB atau sesuai arahan Korlantas Polri.

Baca juga: Daftar Lengkap Rest Area di Tol Trans-Jawa, 7 Paling Padat

Bakal ada 3 Posko Pengamanan di jalur ini, yaitu di Exit Tol Colomadu (Sta. 0+600), Pintu Keluar Sawit (Sta. 6+100), dan traffic light Bangak.

Di sisi lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengakui bahwa kondisi ruas tol ini sudah bagus.

Kendati demikian, Basuki berperasan agar pelaksanaan proyek tidak melupakan kriteria dan standar teknis konstruksi jalan tol.

"Tolong disesuaikan supaya tidak merusak lingkungan," pesan Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com