Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cilincing-Tarumajaya via Tol Masih Gratis, tapi Harus Bayar Lewat Jalur Ini

Kompas.com - 01/04/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telah fungsional 1 April 2023 pukul 00.00 WIB, Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4 (Segmen Tarumajaya-Cilincing) dibuka tanpa tarif alias gratis.

Akan tetapi, aarus kendaraan dari timur menuju Pelabuhan Tanjung Priok atau menuju Cikunir melalui Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) oleh PT CTP Tollways akan dikenakan tarif sampai dengan Tarumajaya, ditambah tarif masuk tol JORR yang dikenakan oleh PT Hutama Karya (Persero).

Sedangkan kendaraan dari JORR atau dari arteri di Cilincing masuk JTCC dikenakan tarif hanya dari Tarumajaya. Akan tetapi, dari Cilincing menuju Tarumajaya sepanjang 7,2 kilometer masih gratis.

Baca juga: Sabtu Ini, Tol Cibitung-Cilincing Mulai Digunakantol Sambut Lebaran

Direktur Utama CTP Tollways Ari Sunaryono mengatakan, dengan beroperasinya Seksi 4 (Segmen Tarumajaya-Cilincing), maka panjang JTCC secara keseluruhan mencapai 34,8 kilometer.

Tol ini akan beroperasi penuh mendukung arus kendaraan logistik dari Pelabuhan Tanjung Priok ke kawasan industri daerah timur.

"Disamping, tentu saja juga melayani arus kendaraan penumpang yang terhubung dengan JORR di Interchange (IC) Cilincing," kata Ari dilansir dari laman Instagram @ctp.tollways, Sabtu (1/4/2023).

Pengguna jalan yang akan memanfaatkan JTCC pada saat arus mudik menuju ke arah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan seterusnya, dapat melalui On Ramp dari arteri Semper Timur menuju arah Marunda.

Kemudian, dapat langsung menuju ke Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cibitung di sekitar KM 25 (IC Cibitung), melalui GT Cibitung 2 dan dapat melanjutkan perjalanan ke Ruas Tol Cikampek Palimanan (Cipali).

Begitu juga pengguna jalan yang akan menuju Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya, dapat menggunakan akses Toll to Toll JORR-1 menuju Tol Dalam Kota dan Tol Bandara, Jalan Tol Sedyatmo tanpa harus melewati kepadatan di Simpang Susun Cikunir ataupun Tol Dalam Kota arah Semanggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com