Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Jamin Keselamatan Pemudik di Jalan Tol Kelolaan 396 Kilometer

Kompas.com - 04/04/2023, 16:38 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra memberikan garansi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan kepada para pengguna jalan tol kelolaan selama perhelatan mudik dan balik Lebaran 2023.

Jaminan keselataman tersebut ditegaskan oleh Group CEO Astra Infra Firman YOsafat Siregar, saat media gathering "Lebaran Semakin Berseri", Selasa (4/4/2023).

"Kami selalu mendukung upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, BPJT, dan Korlantas Polri. AStra siap membantu dan mendukung arus mudik dan balik. Kami menjamin keselamatan pemudik," ujar Firman.

Komitmen ini seiring dengan prediksi lonjakan kenaikan arus mudik tahun ini menjadi 123,8 juta orang dari sebelumnya hanya 85 juta pemudik.

Adapun upaya Astra Infra dalam mempersiapkan layanan mudik Lebaran adalah memastikan seluruh 8 BUJT mengelola tol kelolaan sepanjang 396 kilometer dengan baik, termasuk memastikan kondisi jalan, dan marka jalan.

Baca juga: Jasa Marga Siapkan 15 SPKLU di Rest Area Tol Trans-Jawa

Di Tol Tangerang-Merak dilakukan penambahan lajur ke-3 ruas Cikande – Serang Timur dari Km 51 hingga Km 72, alih fungsi Gerbang Tol (GT) Balaraja Timur Lama menjadi parking bay di Km 36.

Kemudian serta penambahan kapasitas parkir di Rest Area Km 43 dan Km 68 arah Merak yang akan digunakan sebagai area rekayasa lalu lintas untuk menghindari kepadatan di Pelabuhan Merak.

Sedangkan di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dilakukan pelebaran lajur ke-3 dari Km 72 hingga Km 85, Rest Area Km 86, Km 101, Km 102, dan Km 130 arah Jakarta dan Cirebon serta penambahan kapasitas area parkir di Rest Area Km 130 A dan B, Km 86 A dan B.

Astra Infra juga telah menyiapkan lebih dari 1300 satuan tugas (SATGAS) Lebaran 2023, yang telah kick off secara nasional melalui Apel Gelar Pasukan yang dipusatkan di Tol Cipali.

Sedangkan untuk Layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan total 36 armada patroli, 48 armada derek, 12 kendaraan rescue, 21 ambulans serta petugas call center yang selalu siaga 24 jam.

Total lebih dari 800 Closed-Circuit Television (CCTV) yang terpasang di sepanjang jalan tol ASTRA Infra akan memantau kondisi trafik.

Selain petugas layanan yang sigap membantu pengguna jalan tol, akan ada live report yang secara berkesinambungan melaporkan situasi terkini kondisi lapangan.

Untuk kenyamanan di rest area, selain persiapan fasilitas, juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas serta melakukan himbauan kepada pemudik untuk bijak memanfaatkan waktu saat berada rest area.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com