Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cisumdawu Tembus Cipali Bakal Dibuka untuk Mudik

Kompas.com - 04/04/2023, 15:19 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan dioperasikan secara fungsional pada mudik Lebaran 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalan tol ini siap digunakan pada 15 April 2023, meskipun ditargetkan beres pertengahan tahun ini.

"Kami kemarin terakhir minggu lalu ke sana, itu akan sudah tembus Cileunyi sampai ke Cipali," kata Basuki dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR di Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Terhubungnya Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting guna memperlancar arus mudik dari arah Tol Cipali menuju Tol Cisumdawu atau sebaliknya.

Ruas yang akan dibuka fungsional terdiri dari Seksi 4 Cimalaka-Legok 8,2 kilometer, Seksi 5 Legok-Ujung Jaya 14,9 kilometer, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan termasuk Junction Dawuan 6,065 kilometer.

Kondisi mainroad di Seksi 4-6 juga ditargetkan sudah selesai Jalur A dan Jalur B, kecuali lokasi yang perlu perhatian khusus yaitu Seksi 5A di Sta 40+200 dan Sta 45+050 serta Seksi 5B di Sta 51+000.

Sementara Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan 11,45 kilometer, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang 17,05 kilometer dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,05 kilometer sudah beroperasi sejak 2022.

Baca juga: Toilet di Rest Area Tol Wajib Gratis, Kalau Ada yang Bertarif Laporkan!

Baik Seksi 2 maupun Seksi 3 sebelumnya juga telah mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Semoga membantu tugas Korlantas untuk bisa mengatur lalu lintas yang akan mudik ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," tambah Basuki.

Selain Tol Cisumdawu, Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Ruas Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer juga akan dioperasikan secara fungsional.

Pengguna jalan dari arah Bandung dapat masuk Tol Fungsional Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara melalui Km 77+100 Tol Cipularang arah Jakarta dan keluar melalui GT Kutanegara untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Provinsi (Jalan Industri).

Selanjutnya untuk menuju arah Jakarta, pengguna jalan dapat masuk kembali ke Tol Japek melalui GT Karawang Timur 1 atau GT Karawang Barat 1.

Tol Japek II Selatan Ruas Sadang-Kutanegara ini akan membantu mengurai kepadatan volume lalu lintas kendaraan di Tol Japek tepatnya di Simpang Susun Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalin dari arah Bandung yang melewati Tol Cipularang, serta arus lalin dari arah Trans-Jawa yang melewati Tol Japek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com