Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI-Kementerian PUPR Sediakan Mesin ATM di Hunian Pekerja Konstruksi IKN

Kompas.com - 07/04/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun mesin ATM di hunian pekerja konstruksi (HPK) Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi bagi para pekerja konstruksi di IKN terkait pembiayaan dan produk perbankan dari BNI yang bisa dimanfaatkan mereka.

Sebelumnya, SVP Optimalisasi Bisnis Divisi CMA Bank BNI Hermita mengatakan, para pekerja konstruksi telah memanfaatkan kartu multifungsi saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke IKN beberapa waktu lalu.

Baca juga: Solusi Ekosistem Digital, BNI Siapkan Kartu Multifungsi bagi 16.000 Pekerja di IKN

"Ke depan kami juga tengah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR guna menyiapkan mesin ATM di HPK IKN dan memberikan edukasi khusus terkait pembiayaan dan produk perbankan dari BNI yang bisa dimanfaatkan para pekerja," kata Hermita dalam siaran pers, Jumat (7/4/2023).

Herminta menuturkan, pihaknya siap mendukung penuh ekosistem digital yang sedang dibangun pemerintah di IKN.

Melalui pemanfaatan kartu multifungsi ini, para pekerja tidak perlu membawa uang tunai saat bekerja. Selain itu, juga menjadi kartu identitas dan pembayaran gaji.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, kartu multifungsi BNI ini sangat bermanfaat bagi para pekerja konstruksi di IKN.

"Jadi, kami akan berupaya memaksimalkan transaksi non-tunai sekaligus mewujudkan smart digital city (kota pintar digital) di IKN," ucap Iwan.

Pembangunan IKN, kata Iwan, juga menjadi upaya Indonesia untuk memajukan perekonomian dan pemerataan pembangunan.

Saat ini, sudah banyak investor dari luar negeri dan perwakilan negara lain yang berkunjung ke IKN guna melihat progres pembangunan infrastruktur di sana.

Kementerian PUPR juga memiliki tanggung jawab besar dalam pembangunan infrastruktur dan prasarana pendukung serta melakukan edukasi pada para pekerja konstruksi di IKN.

Untuk itu, kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak agar ekosistem digital bisa diwujudkan dan dimulai dari para pekerja yang membangun infrastruktur dan tinggal di HPK IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com