Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7.918 Km Jalan Nasional di Sumatera Siap Sambut Pemudik Lebaran

Kompas.com - 28/03/2023, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pulau Sumatera menjadi salah satu tujuan favorit pemudik selama musim mudik Lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

Untuk kenyamanan para pemudik, pemerintah memastikan Jalan Nasional Trans Sumatera sepanjang 7.918 km dalam kondisi mantap diatas 90 persen.

“Jalan Lintas Barat 2.562 km dalam kondisi mantap 97 persen, Jalan Lintas Timur 3.019 km dalam kondisi mantap 95 persen, dan Jalan Lintas Tengah 2.338 km dengan kondisi mantap 93 persen,” ungkap Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian.

Baca juga: Nih Sederet Fasilitas Tambahan di Rest Area Tol Trans-Sumatera

Sedangkan, Jalan tol Trans Sumatera yang sudah operasional dan sudah bisa digunakan sepanjang 738 km dengan TIP sejumlah 27 TIP (20 TIP A dan 7 TIP B).

Sementara, ruas Jalan Tol Fungsional yang akan dihadirkan meliputi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang–Kutobaro– SS Baitussalam, 12,4 km), dan Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi– Parapat (Seksi Kuala Tanjung-Pematang Siantar 96,5 km).

Untuk Pulau Kalimantan, ruas jalan nasional yang digunakan sepanjang 6.556 km terdiri dari Lintas Utara Mantap 95,32 persen, Lintas Tengah Mantap 80,17 persen dan Lintas Selatan dengan kondisi mantap 90,96 persen.

 

Jalan tol yang sudah bisa digunakan di Pulau Kalimantan adalah Jalan Tol Balikpapan–Samarinda yang operasional sepanjang 99 km.

Selanjutnya, di Pulau Sulawesi, ruas lintas jalan nasional yang digunakan sepanjang 5.400 km.

Untuk total panjang Jalan Tol yang operasional yakni 61,5 km, terdiri dari Tol Ujung Pandang/Makassar Seksi 1–3 sepanjang 10,1 km, Tol Makassar Seksi 4 sepanjang 11,6 km dan Tol Manado–Bitung sepanjang 39,8 km.

Baca juga: Daftar Lengkap Rest Area di Jalan Tol Trans-Sumatera

“Kementerian PUPR juga melakukan dukungan operasional manajemen lalu lintas melalui koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, POLRI (Korlantas) dan BUJT dalam pelaksanaan kebijakan dukungan kelancaran lalu lintas, layanan transaksi tol, layanan konstruksi,” tambah Hedy.

Demi memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, prakiraan cuaca, call center, peta jalan tol, dan info rest area, Kementerian PUPR juga sudah menyiapkan aplikasi “Tol Kita” yang bisa diakses secara gratis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com