Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Titik-titik Krusial Kepadatan Jalan Tol saat Mudik 2023

Kompas.com - 19/03/2023, 19:00 WIB
Hilda B Alexander,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah titik krusial kepadatan kendaraan di jalan tol selama momen mudik Lebaran 2023.

Hal itu diutarakannya saat Rapat Koordinasi terkait persiapan sarana dan prasarana angkutan Lebaran 2023, pada Minggu (19/03/2023).

"Bahwa (hasil) riset kita nomor satu titik krusial (Tol) Cipali," ungkap Budi.

Menurutnya, akan terjadi lonjakan pergerakan kendaraan roda empat di jalur tol Jakarta ke arah Cikampek, Cipali, sampai ke Semarang, Jawa Tengah.

Bahkan tingkat kepadatan kendaraan di ruas tol tersebut diprediksi akan meningkat dibandingkan momen mudik Lebaran tahun 2022 lalu.

Baca juga: Pantau Kepadatan Lalin Selama Mudik Lebaran Lewat Aplikasi Tol Kita

Selain itu, Jasa Marga juga memprediksi, jumlah kendaraan yang akan melintas di empt gerbang tol (GT) utama yaitu Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip utama, juga akan lebih tinggi dibandingkan mudik lebaran tahun 2022.

"Persiapan kita lakukan sejak dini, sehingga kita bisa lebih siap dan masih punya waktu untuk memperbaiki kekurangan yang masih ada," tandas Menhub.

Dengan tingginya prediksi lonjakan kendaraan di jalur tol ke arah Semarang, Kemenhub akan terus berkoordinasi intensif dengan Korlantas Polri, Kementerian PUPR, Badan Pengatur Jalan Tol, Jasa Marga, dan unsur terkait lainnya.

Tujuannya menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas seperti, contra flow, one way, pembatasan angkutan barang, dan lain sebagainya.

"Kami bekerja kompak sebagai tim dan tengah menyiapkan berbagai hal, termasuk Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk menentukan waktu pelaksanaan rekayasa lalu lintas, yang penerapannya di lapangan akan dilakukan oleh Korlantas Polri," tuturnya.

Selanjutnya, upaya lainnya yang dilakukan yaitu, menambah dan meningkatkan fasilitas prasarana jalan seperti, perbaikan dan pelebaran jalan, penambahan rest area, penambahan marka jalan, dan fasilitas jalan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com