Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Bisa Lewat Tol Cigombong-Cibadak dan Tol Probolinggo Timur-Gending

Kompas.com - 17/03/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road atau WTR akan mengoperasikan dua ruas jalan tol secara fungsional selama pekan mudik Lebaran 2023.

Kedua ruas yang dimaksud adalah Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,90 kilometer dan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) ruas Probolinggo Timur-Gending membentang 9,57 kilometer.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko WTR Edie Rizliyanto mengatakan, untuk memastikan
bahwa kondisi jalan tol optimal digunakan saat pekan mudik, saat ini WTR sedang fokus menyelesaikan konstruksi kedua ruas tol tersebut.

Baca juga: Mulai 19 Maret, Tarif Tol Kunciran-Serpong Bakal Naik, Ini Rinciannya

 

Selain rencana pengoperasian fungsional, sejumlah BUJT juga tengah melakukan peningkatan kualitas dan estetika jalan tol melalui pemeliharaan dan beautifikasi jalan tol.

 

Salah satukegiatan pemeliharaan yang telah dilakukan yaitu perbaikan guardrail dan pelapisan ulang jalan di Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) yang ditargetkan akan selesai pada awal April 2023.

 

Sementara itu, telah dilaksanakan beautifikasi di Tol Paspro, Krian-Gresik, dan Cimanggis-Cibitung berupa pengecatan Movable Concrete Barrier (MCB), penghijauan dan pengecatan guardrail di sepanjang badan jalan.

Selain itu, pengecatan Concrete Barrier dan pengecatan marka pudar di Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 (Ciawi-Cigombong).

"Pemeliharaan tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir Maret 2023, di mana seluruh kegiatan dipastikan akan selesai sebelum pekan mudik berlangsung agar tidak mengganggu arus lalu lintas dan keamanan pengguna jalan," ucap Edie dalam rilis, Jumat (17/3/2023).

Sebelumnya, WTR telah mengoperasikan beberapa akses untuk meningkatkan konektivitas antar-daerah, salah satunya Ramp 2, 4, 5, dan 8 Junction Wringinanom Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM).

“Dengan dioperasikannya Ruas Cigombong-Cibadak selama pekan mudik, diharapkan hal ini dapat memperlancar konektivitas dan menjadi solusi permasalahan kemacetan menuju Sukabumi hingga Pelabuhan Ratu di Pantai Selatan Jawa (Pansela)," ujarnya.

Selain itu, pengoperasian Tol Probolinggo Timur-Gending dan Junction Wringinanom akan dapat mendukung kelancaran lalu lintas selama periode mudik dan arus balik.

"Dengan perbaikan dan beautifikasi yang telah kami laksanakan, harapannya kami dapat meningkatkan pelayanan demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan," pungkas Edie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com