Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya Pemerintah Fasilitasi Pemudik Naik Sepeda Motor

Kompas.com - 16/03/2023, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan program mudik gratis 2023.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, hal ini merupakan upaya Pemerintah untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor.

Selain itu, program mudik gratis juga merupakan upaya untuk memfasilitasi masyarakat yang menggunakan sepeda motor untuk mudik dalam jarak jauh.

"Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," ujar Menhub, seperti dikutip dari laman resmi Kemenhub, Kamis (16/3/2023).

Pada tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik yang mencapai 123,8 juta orang.

"Kita lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin," imbuh Menhub.

Kendati demikian, Budi Karya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor, karena sangat membahayakan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi," ucap Budi Karya.

Baca juga: Mudik Lebaran Naik Kereta? Ini Syaratnya

Menhub turut mengimbau program-program mudik gratis bisa dilaksanakan oleh berbagai pihak baik itu Kementerian/Lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, dan pihak lainnya, agar kuotanya semakin banyak.

Secara rinci, program mudik gratis tersedia untuk transportasi jalur darat, laut hingga kereta api.

Masyarakat dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan aplikasi (Mitra Darat) yang bisa diunduh di ponsel, maupun secara offline yang akan digelar di kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan di beberapa simpul transportasi dan titik lokasi lainnya.

Pendaftaran program mudik gratis sudah mulai dibuka pada bulan Maret-Mei 2023 mendatang atau bisa diperpanjang sampai memenuhi kuota yang disediakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com