Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Siap Dilintasi Mudik Lebaran

Kompas.com - 18/02/2023, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada momentum mudik Lebaran mendatang, PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi 1 Simpang Indralaya-Prabumulih.

Menurut Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, progres pembangunannya kini mencapai 90,38 persen.

Sedangkan tol lainnya seperti Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam, masing-masing sudah tembus 97,97 persen dan 85,05 persen.

"Sementara progres pembebasan lahan dari ketiga ruas ini rata-rata sudah mencapai lebih dari 97 persen. Sehingga, diperkirakan bisa selesai tepat waktu,” ujar Koentjoro dalam rilis, Jumat (17/2/2023).

Sementara Tol Sibanceh Seksi 5 dan 6 akan dioperasikan pada momentum libur mudik Lebaran 2023 apabila Sertifikat Laik Operasi (SLO) diterbitkan.

Baca juga: Tiga Seksi Pamungkas Tol Sibanceh Akan Beroperasi Tahun 2023, Ini Progresnya

“Jika seksi 5 dan 6 sudah mengantongi SLO, maka Hutama Karya dapat mendukung arahan dari regulator untuk mengoperasionalkan jalan tol ini saat mudik Lebaran mendatang," jelasnya.

Pengoperasian kedua seksi tersebut seiring dengan dilaksanakan tahap Uji Laik Fungsi (ULF), Senin (6/2/2023).

Ini dilakukan dalam rangka memastikan seluruh spesifikasi teknis persyaratan dan fasilitas perlengkapan jalan terpenuhi dengan baik dan sesuai standar ketentuan, sertakriteria yang berlaku, terutama aspek keselamatan lalu lintas (lalin) pengendara jalan tol.

Dia menambahkan, jika pengerjaan dari hasil evaluasi ULF selesai, maka SLO dapat segera terbit sebagai "lampu hijau" untuk mengoperasikan jalan tol.

Adapun perseroan mencatat lebih dari 2,6 juta kendaraan melintas di sepanjang ruas operasi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) pada momentum mudik Lebaran tahun lalu.

Hal ini memperkuat komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pengendara jalan tol khususnya pada saat Mudik Lebaran 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com