Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SLO Terbit, Tol Sibanceh Seksi 5 dan 6 Bisa Dilintasi Mudik Lebaran

Kompas.com - 17/02/2023, 19:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam pada momentum libur mudik Lebaran 2023 apabila Sertifikat Laik Operasi (SLO) diterbitkan.

Informasi ini sebagaimana disampaikan Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam rilis, Jumat (17/2/2023).

“Jika seksi 5 dan 6 sudah mengantongi SLO, maka Hutama Karya dapat mendukung arahan
dari regulator untuk mengoperasionalkan jalan tol ini saat mudik Lebaran mendatang," jelasnya.

Pengoperasian kedua seksi tersebut bisa dilakukan seiring dengan telah dilaksanakan tahap Uji Laik Fungsi (ULF), Senin (6/2/2023).

Ini dilakukan dalam rangka memastikan seluruh spesifikasi teknis persyaratan dan fasilitas perlengkapan jalan terpenuhi dengan baik dan sesuai standar ketentuan, serta kriteria yang berlaku, terutama aspek keselamatan lalu lintas (lalin) pengendara jalan tol.

Dalam kunjungan di lapangan ULF, tim terbagi menjadi tiga sub yakni Sub Tim 1 (Bidang Keselamatan dan Manajemen Lalu Lintas).

Baca juga: Jalan Utama Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 6 Beres Dikerjakan Hutama Karya

Kemudian, Sub Tim 2 (Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap), serta Sub Tim 3 (Bidang Operasi dan Administrasi).

Dia menambahkan, jika pengerjaan dari hasil evaluasi ULF selesai, maka SLO dapat segera terbit sebagai "lampu hijau" untuk mengoperasikan jalan tol.

Koentjoro mengungkapkan, progres pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 mencapai 97,97 persen dan Seksi 6 sudah mencapai 85,05 persen.

Selain mendukung stimulus bagi pertumbuhan ekonomi, adanya tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dan mengembangkan kawasan wisata religi setempat.

Adapun perseroan mencatat lebih dari 2,6 juta kendaraan melintas di sepanjang ruas operasi
Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) pada momentum mudik Lebaran tahun lalu.

Hal ini memperkuat komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pengendara jalan tol khususnya pada saat Mudik Lebaran 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com