Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ruas Tol Trans-Sumatera Bisa Segera Dilintasi, Nih Progresnya

Kompas.com - 17/02/2023, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menyebut bakal merampungkan sejumlah ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) tahap 1 dalam waktu dekat.

Direktur Operasi III Koentjoro mengatakan, sejumlah ruas tersebut seperti Tol Simpang Indralaya-Muara Enim seksi Simpang Indralaya-Prabumulih, serta Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 (Blang Bintang-Kuto Baro) dan Seksi 6 (Kuto Baro-Simpang Baitussalam).

Saat ini progres pengerjaan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih mencapai 90,38%, serta Sigli-Banda Aceh Seksi 5 mencapai 97,97% dan Seksi 6 sudah mencapai 85,05%.

"Sementara progres pembebasan lahan dari ketiga ruas ini rata-rata sudah mencapai lebih dari 97%, sehingga diperkirakan bisa selesai tepat waktu," ujar Koentjoro dalam keterangan resmi dikutip dari laman Hutama Karya pada Jumat (17/02/2023).

Menurut dia, apabila pengerjaan konstruksi dan proses pembebasan lahan tidak ada hambatan, ketiga ruas tol itu diharapkan dapat dibuka secara fungsional pada saat Mudik Lebaran tahun 2023.

Baca juga: Cek di Sini, 5 Ruas Tol Baru di Sumatera yang Beroperasi Lebaran 2023

Untuk pembangunan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sejauh 64,5 km, mulai dilakukan oleh anak usaha Hutama Karya yaitu PT HK Infrastruktur (HKI) sejak Juli 2019.

Ruas tol ini dilengkapi sejumlah struktur dan fasilitas pendukung diantaranya 8 overpass, 18 jembatan, 10 box underpass, 2 simpang susun, 1 rest area, dan 1 gerbang tol.

Berikutnya, untuk pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 sepanjang 12,3 km, telah dilaksanakan tahap Uji Laik Fungsi (ULF) pada Senin (06/02/2023) lalu.

Tujuannya memastikan seluruh spesifikasi teknis persyaratan dan fasilitas perlengkapan jalan terpenuhi dengan baik dan sesuai standar ketentuan serta kriteria yang berlaku, terutama aspek keselamatan lalu lintas pengendara jalan tol.

Koentjoro juga menambahkan, jika pengerjaan dari hasil evaluasi ULF selesai, maka Sertifikat Laik Operasi (SLO) dapat segera terbit sebagai ‘lampu hijau’ untuk mengoperasikan jalan tol.

"Jika seksi 5 dan 6 sudah mengantongi SLO, maka Hutama Karya dapat mendukung arahan dari regulator untuk mengoperasionalkan jalan tol ini saat Mudik Lebaran mendatang," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+