Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ruas Tol Trans-Sumatera Bisa Segera Dilintasi, Nih Progresnya

Kompas.com - 17/02/2023, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menyebut bakal merampungkan sejumlah ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) tahap 1 dalam waktu dekat.

Direktur Operasi III Koentjoro mengatakan, sejumlah ruas tersebut seperti Tol Simpang Indralaya-Muara Enim seksi Simpang Indralaya-Prabumulih, serta Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 (Blang Bintang-Kuto Baro) dan Seksi 6 (Kuto Baro-Simpang Baitussalam).

Saat ini progres pengerjaan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih mencapai 90,38%, serta Sigli-Banda Aceh Seksi 5 mencapai 97,97% dan Seksi 6 sudah mencapai 85,05%.

"Sementara progres pembebasan lahan dari ketiga ruas ini rata-rata sudah mencapai lebih dari 97%, sehingga diperkirakan bisa selesai tepat waktu," ujar Koentjoro dalam keterangan resmi dikutip dari laman Hutama Karya pada Jumat (17/02/2023).

Menurut dia, apabila pengerjaan konstruksi dan proses pembebasan lahan tidak ada hambatan, ketiga ruas tol itu diharapkan dapat dibuka secara fungsional pada saat Mudik Lebaran tahun 2023.

Baca juga: Cek di Sini, 5 Ruas Tol Baru di Sumatera yang Beroperasi Lebaran 2023

Untuk pembangunan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sejauh 64,5 km, mulai dilakukan oleh anak usaha Hutama Karya yaitu PT HK Infrastruktur (HKI) sejak Juli 2019.

Ruas tol ini dilengkapi sejumlah struktur dan fasilitas pendukung diantaranya 8 overpass, 18 jembatan, 10 box underpass, 2 simpang susun, 1 rest area, dan 1 gerbang tol.

Berikutnya, untuk pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 sepanjang 12,3 km, telah dilaksanakan tahap Uji Laik Fungsi (ULF) pada Senin (06/02/2023) lalu.

Tujuannya memastikan seluruh spesifikasi teknis persyaratan dan fasilitas perlengkapan jalan terpenuhi dengan baik dan sesuai standar ketentuan serta kriteria yang berlaku, terutama aspek keselamatan lalu lintas pengendara jalan tol.

Koentjoro juga menambahkan, jika pengerjaan dari hasil evaluasi ULF selesai, maka Sertifikat Laik Operasi (SLO) dapat segera terbit sebagai ‘lampu hijau’ untuk mengoperasikan jalan tol.

"Jika seksi 5 dan 6 sudah mengantongi SLO, maka Hutama Karya dapat mendukung arahan dari regulator untuk mengoperasionalkan jalan tol ini saat Mudik Lebaran mendatang," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com