Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Kuat, Bata Merah atau Batako?

Kompas.com - 15/02/2023, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang tengah membangun atau berencana membangun rumah, pasti dihadapkan dengan dua pilihan material bangunan untuk dinding, yaitu bata merah dan batako.

Dua bahan bangunan ini sangat populer digunakan untuk proyek dengan jumlah lantai yang tidak terlalu banyak seperti rumah, sehingga tidak menerima beban yang berat.

Komponen struktur utama gedung bertingkat akan terbentuk dari rangka struktur beton bertulang atau konstruksi baja.

Namun, jika batu bata dan batako tetap digunakan untuk membangun gedung bertingkat, maka kedua bahan tersebut hanya akan digunakan sebagai pengisi atau penutup dan bukan sebagai komponen struktur utama.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu dari dua bahan material tersebut, tak sedikit pembeli akan menanyakan, mana yang lebih kuat antara bata merah dan batako?

Ahli Konstruksi yang pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta menjelaskan terkait hal ini pada beberapa waktu lalu.

Bata merah terbuat dari tanah liat atau clay yang dibakar. Hasil akhir bahan untuk membuat pasangan dinding ini akan berwarna merah.

Sedangkan batako memiliki banyak variasi, dari batako rakyat hingga batako produk industri.

Jelas Davy, batako pada umumnya berukuran seragam dan ada yang dibuat sebagai bahan ringan.

Batako rakyat terbuat dari bahan tras dan pasir tanpa semen. Sedangkan batako produk industri dibuat dengan menggunakan campuran semen dan pasir yang dipadatkan.

Baca juga: Dapatkah PVC Dijadikan Material Pembuat Furnitur?

"Batako industri selalu mempunyai brosur teknik yang menunjukkan ukuran, berat jenis dan kekuatan tekanan," jelas Davy.

Sementara menanggapi isu soal bata merah yang dikatakan lebih kokoh dibanding batako, Davy mengatakan bahwa kekuatan kedua material tersebut bergantung kepada proses pembuatan dan bahan utamanya.

"Tidak harus begini (bata merah lebih kokoh dibanding batako). Tergantung kepada proses pembuatannya dan bahan utamanya," imbuh Davy.

Sebagai informasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah mengeluarkan standar yang membahas tentang syarat mutu dan cara pengujian mutu bata merah dan batako.

Hal ini tercantum dalam Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk bata merah memiliki nomor SNI 15 2094-2000 dan batako SNI 03-0349-1989.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com