Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2023, 21:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pengembangan proyek jumbo Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yang dibangun anak usaha Lippo Group, PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) melalui PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), lekat dengan kontroversi.

Tentu yang paling menggemparkan yakni kasus suap perizinan yang dilakukan oleh sejumlah orang dari Lippo Group kepada Pemkab Bekasi pada tahun 2018.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro, setelah ditetapkan sebagai tersangka, Senin (15/10/2018).

Billy disangka menyuap Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin dan sejumlah kepala dinas di Pemerintahan Kabupaten Bekasi, terkait perizinan proyek Meikarta.

Selain Billy, KPK juga menetapkan tiga orang yang merupakan pegawai dan konsultan Lippo Group sebagai tersangka pemberi suap.

Baca juga: Kala Lippo Group Gembar-gembor Meikarta Laku 100.000 Unit yang Ternyata Palsu...

Menurut KPK, Bupati Bekasi dan para kepala dinas dijanjikan uang Rp 13 miliar oleh Lippo Group. Hanya, belum seluruhnya uang tersebut diserahkan, baru senilai Rp 7 miliar.

Buntut dari kasus tersebut, 29 Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari total 53 IMB untuk proyek Meikarta belum selesai dan sempat ditandatangani.

Karena Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi Dewi Tisnawati termasuk dalam daftar pejabat Pemkab Bekasi yang ditangkap KPK.

Namun, kontroversi Meikarta tak hanya soal kasus suap perizinan, terdapat beberapa hal lainnya seperti pernyataan-pernyataan yang mencuat dari pengembang bertolak belakang dengan realita.

Sebut saja mengenai klaim data jumlah unit apartemen yang telah dipesan atau dibeli.

Pada tahun 2017 silam, Chief Marketing Officer Lippo Homes Jopy Rusli dan CEO Lippo Group James Riady pernah satu suara mengeklaim bahwa jumlah unit Meikarta yang terjual mencapai 100.000 unit dan bahkan lebih.

"Saya lihat yang tercatat sudah 99.300 unit, hampir 100.000 unit (terjual)," ujar Jopy Rusli saat peluncuran Meikarta di Orange County, Kamis (17/8/2017), dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

"Sampai sekarang sudah terjual 130.000 unit dengan 32.000 unit di antaranya sudah Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)," kata James saat talkshow BTN Golden Property Awards di Hotel Raffles Jakarta, Senin (11/9/2017), dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Namun pada tahun 2023, terkuak bahwa klaim ratusan ribu unit terjual yang digembar-gemborkan Lippo Group hanyalah bualan.

Hal itu terungkap saat Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) Ketut Budi Wijaya menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI, Senin (13/2/2023).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com