Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serap 252 Naker Lokal, Rumah Sakit Terbesar di Kupang Tuntas Digarap

Kompas.com - 26/12/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menuntaskan pembangunan proyek rumah sakit terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Ben Mboi Kupang.

Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi menyampaikan, pembangunan RSUP Dr. Ben Mboi Kupang senilai Rp 385 miliar ini telah menyerap 252 tenaga kerja lokal.

Dengan cara mengedepankan peran dari teknologi konstruksi yang berdampak pada peningkatan kualitas mutu bangunan.

Selain itu, Hutama Karya juga memanfaatkan material alam yang berasal dari lingkungan sekitar.

“Dalam proses pekerjaannya, kami memanfaatkan sisa material baja untuk digunakan sebagai lift barang yang RAM (Ramah, Aman, dan Murah)," katanya dalam rilis, Senin (26/12/2022).

Selain itu, digunakan Virtual Reality (VR) yang diaplikasikan pada Building Information Modelling (BIM).

Baca juga: Kenapa Dinding Rumah Sakit Dipasangi Keramik?

Sehingga, dapat memudahkan para pekerja untuk menyajikan virtual mockup arsitektur, baik bahan, warna, maupun kualitas.

Perencanaan teknis yang dilakukan pada bangunan gedung RSUP ini telah memenuhi standar dan persyaratan teknis yang berlaku.

Ini sesuai dengan prinsip-prinsip kemudahan, efektivitas, keselamatan, keamanan, dan keandalan bangunan rumah sakit demi terjaminnya keamanan pasien.

Gunadi menambahkan, pembangunan RSUP Dr. Ben Mboi Kupang memberikan kemudahan bagi masyarakat sekitar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sebelumnya, masyarakat Kupang harus dirujuk ke rumah sakit di kota lain karena kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai.

“Sebelum dibangunnya RSUP Dr. Ben Mboi Kupang, masyarakat sekitar harus dirujuk ke Bali, Surabaya maupun Jakarta. Jika rumah sakit ini sudah beroperasi secara penuh, maka pasien tidak perlu pergi ke daerah lain, namun bisa dirujuk ke RSUP sini,” tutup Gunadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com