Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Milenial di Bekasi, Mulai Rp 700 Jutaan

Kompas.com - 17/12/2022, 10:03 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada fenomena menarik dalam Property Market Outlook 2023 yang diterbitkan Rumah.com.

Laporan ini menyebutkan bahwa empat dari lima responden yang disigi berencana membeli rumah dalam satu tahun ke depan. 

Sebanyak 1.000 orang yang sebagian besar usia produktif 27-40 tahun atau milenial disigi untuk mendapatkan peta preferensi pasar.

Ini artinya sinyal bagus untuk industri properti karena permintaan ada dan terus naik, dengan kata lain pasar siap menyerap. 

Sepanjang 2022, tren permintaan naik sebesar 16,4 persen. Selain itu indeks harga juga mengalami kenaikan 4,9 persen, dan indeks pasokan atau supply meningkat 3,7 persen.

Baca juga: Proyeksi 2023, Industri Properti Indonesia Tetap Tangguh

Tren positif ini tak lepas dari intervensi Pemerintah dalam mendukung industri properti terutama suku bunga BI yang ditahan selama 1,5 tahun pada angka 3,25 persen.

Kemudian LTV 100 persen, dan kebijakan fiskal PPN Ditanggung Pemerintah 100 persen untuk properti di bawah harga Rp 2 miliar.

Laporan ini juga menyebutkan, properti dengan rentang harga Rp 750 juta hingga Rp 1,5 miliar terus menunjukkan tren meningkat.

Karena tren positif inilah yang mendorong Duta Putra Land melalui PT Agung Graha Persada Utama mengembangkan Visala Lake di Grand Residence City, Bekasi.

Direktur Duta Putra Land Sigit Pratama menjelaskan, Visala Lake tak sekadar mengadopsi konsep bangunan modern kontemporer namun juga mengoptimalkan fungsi pada setiap ruang yang tersedia.

“Konsep ini kami sesuaikan dengan kebutuhan generasi milenial sebagai segmen pasar yang menjadi bidikan utama,” terangnya, di Bekasi, Kamis (15/12/2022).

Baca juga: Belanja Pemilu Rp 76,6 Triliun, Peluang buat Pengembang Raup Cuan

Visala Lake mencakup 200 unit dengan dua pilihan bangunan, yaitu tipe satu lantai (32 x 66 meter persegi) dan dua lantai (54 x 72 meter persegi).

Hunian yang dibangun di atas area seluas 2 hektar ini ditawarkan dengan harga jual mulai dari Rp 700 juta hingga Rp 1 miliar yang memang diincar milenial.

Menurut Sigit, karakteristik generasi milenial tergolong unik dalam menentukan pilihan tempat tinggal. Selain desain praktis, mereka juga cenderung memilih hunian dengan ukuran yang tidak terlalu luas.

“Selama ini milenial hanya menjadikan rumah sebagai tempat singgah. Selebihnya, mereka banyak beraktivitas di luar rumah,” imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com