Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cisauk dan Pagedangan, Terus Diincar Pemburu Hunian

Kompas.com - 16/12/2022, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Tangerang masih menjadi incaran favorit para pencari rumah, terutama Kecamatan Cisauk dan Pagedangan.

Hal ini tercermin dalam laporan Rumah.com Indonesia Property Market Outlook 2023 yang diterima Kompas.com, Jumat (16/12/2022).

Dalam laporan tersebut, indeks permintaan per tahun Kecamatan Cisauk naik 19 persen atau dengan poin 240 serta indeks harga per tahun naik 25 persen.

Baca juga: Siap-siap, Awal Tahun 2023 Harga Baru Rumah Subsidi Terbit

Akan tetapi, indeks suplai rumah di Cisauk per tahun mengalami penurunan 20 persen atau dengan poin 449,8.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, dengan median harga Rp 9 juta per meter persegi, ada beberapa alasan rumah di Cisauk diincar pencari rumah.

"Akses mudah ke fasilitas umum bertaraf menengah ke atas di BSD City, serta menjadi pilihan alternatif untuk BSD City," ucap Marine.

Sementara di Pagedangan, indeks permintaan, harga, serta suplai per tahun mengalami kenaikan. Masing-masing 42 persen, 13 persen, dan 80 persen.

Pada laporan itu disebutkan, indeks harga permintaan per tahun dengan poin 1810,7, indeks harga per tahun 140, serta indeks suplai per tahun sebesar 1354,9.

Menurut Marine, Pagedangan diincar karena menjadi pilihan yang tepat untuk pencari rumah serta didominasi kawasan terpadu yang tertata rapi.

Saat ini, 95 persen mengakui pentingnya fitur ramah lingkungan pada rumah dan 56 persen menginginkan fitur ramah lingkungan yang dapat menghemat listrik. 

Selanjutnya, 38 persen menginginkan fitur ramah lingkungan yang dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Lalu, 83 persen lainnya rela membayar dengan harga lebih tinggi untuk rumah dengan fitur ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com