Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Strategi Hutama Karya Hadapi Tahun 2023

Kompas.com - 16/12/2022, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Menghadapi tahun 2023, PT Hutama Karya (Persero) telah merancang beberapa strategi untuk pengembangan bisnis.

Wakil Direktur Utama Hutama Karya, Aloysius Kiik Ro, menjelaskan strategi utama perusahaan pada tahun 2023 mendatang adalah meningkatkan basis kekuatan kolektif grup usaha.

“Hutama Karya melakukan penguatan fondasi keuangan individu perusahaan beserta masing-masing anak perusahaan, membangun sinergi dengan mitra strategis seperti stakeholder, regulator dan lainnya,” katanya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Garap Proyek Tol di IKN, Hutama Karya Bakal Gunakan Teknologi Ini

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat kerja bersama Komisi VI DPR pada Senin (5/12/2022).

Saat itu, Menteri BUMN mendorong perusahaan BUMN untuk melakukan efisiensi guna menjaga kondisi keuangan.

Karena itu, padai tahun 2023 mendatang perusahaan juga akan mengoptimalkan kembali penggunaan teknologi dan digitalisasi konstruksi pada proyek-proyek yang sedang digarap, mengelola cash flow dengan baik, hingga menerapkan strategi efisiensi.

 

Selain itu, dari sisi Human Capital, Hutama Karya juga mempersiapkan dan mengakselerasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni serta mengoptimalkan kolaborasi HK Grup untuk rencana suplai material berkualitas.

Perseroan juga akan lebih fokus meningkatkan kualitas hasil proyek-proyek infrastruktur eksisting untuk menjadi portofolio perusahaan, serta membangun komunikasi dengan rekanan bisnis lokal untuk pemberdayaan usaha kecil serta pemenuhan material lokal.

“Hutama Karya juga akan tetap fokus pada percepatan penyelesaian ruas-ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) serta proyek-proyek PSN lainnya, termasuk beberapa proyek di Ibu Kota Negara (IKN)," jelas Aloysius. 

Baca juga: Sebelum JTTS Dioperasikan, Hutama Karya Latih Tenaga Lokal

Selain itu, dikatakan ada beberapa proyek baru yang akan dikerjakan Hutama Karya pada 2023 khususnya proyek infrastruktur, proyek gedung, dan kelanjutan pembangunan JTTS. 

Beberapa proyek baru yang sedang digarap yakni Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Proving Ground Bekasi, Proyek Tol Semarang–Demak, hingga Proyek Tol di IKN segmen Segmen Karangjoang–KKT Karingau.

Sedangkan beberapa proyek infrastruktur yang ditargetkan selesai pada 2023 mencakup Tol Kuala Tanjung-Indrapura (Seksi 2), Tol Tebing Tinggi-Serbelawan (Seksi 3), Tol Serbelawan-Siantar (Seksi 4), Y-Junction Tebing Tinggi, DU SPAM Regional Mebidang Provinsi Sumatera Utara.

Kemudian JDU SPAM Regional Mebidang Provinsi Sumatera Utara, East Side Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (MUTIP Paket 2), Jembatan Kretek di DI Yogyakarta, dan Bendungan Ameroro di Sulawesi Tenggara.

Sementara untuk proyek gedung, pada 2023 Hutama Karya mengincar proyek-proyek Rumah Sakit dan proyek gedung di IKN. Di tahun depan pula Hutama Karya mulai menggarap proyek baru yakni RS Sardjito di Yogyakarta.

“Hutama Karya juga telah memastikan beberapa proyek gedung selesai pada 2023 seperti, RS Universitas Hasanuddin, Gedung Kampus UPI Bandung, Gedung Kampus Unimal Aceh, Gedung Aesthetic Center RSUP Sanglah, Gedung RS Ibu & Anak Sanglah, Menara Turyapada, hingga Penataan Kawasan Waterfront City Pangururan dan Kawasan Tele KSPN Danau Toba,” tuturnya.

Untuk kelanjutan pembangunan JTTS, Hutama Karya menargetkan untuk memulai pembangunan tahap 2 seperti ruas tol Lingkar Pekanbaru (Junction PekanbaruBypass Pekanbaru) dan Ruas Betung - Tempino–Jambi.

Di samping itu, ada beberapa ruas JTTS yang juga akan selesai dikerjakan pada 2023 yakni Tol Sigli– Banda Aceh (seksi 1,5,6), Tol Binjai–Pangkalan Brandan, Tol Kisaran–Indrapura, Pekanbaru– Bangkinang STA 0-9, Tol Bangkinang–Pangkalan, dan Tol Simpang Indralaya–Prabumulih.

Terakhir, untuk proyek Engineering, Procurement & Construction (EPC), Hutama Karya menargetkan beberapa proyek rampung di 2023 seperti, PLTM Harjosari, PLTGU Tambak Lorok, PLTGU Muara Tawar, TBBM Tj. Batu, EPC Jetty Tuban, Pengembangan pipa CB III, dan Open Access Sorong.

“Untuk tahun 2023 Hutama Karya hanya fokus untuk menyelesaikan proyek EPC yang sedang berjalan (on going),” tutup Aloysius. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com