Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutama Karya Segera Tuntaskan Dua Megaproyek Pembangkit Listrik, Ini Profilnya

Kompas.com - 09/09/2022, 09:10 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2022, PT Hutama Karya (Persero) atau Hutama Karya tengah mengejar penyelesaian pembangunan dua megaproyek Engineering, Procurement, & Construction (EPC) di Indonesia.

Yakni Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Lambur berkapasitas 2x4 MW sebagai bagian dari pembangkit listrik menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Serta, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Tambak Lorok dalam rangka perwujudan Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Kedua Proyek EPC berlokasi di Jawa Tengah itu juga diperlukan untuk mendukung pemenuhan Rasio Elektrifikasi 35.000 MW di Indonesia Tahun 2022.

Direktur Operasi II Ferry Febrianto menyampaikan, untuk PLTM Lambur saat ini telah mencapai progres fisik 100 persen dan masuk fase pemeliharaan.

Penyelesaian pembangunannya menerapkan beberapa inovasi dalam sistem pembangkitan listrik.

Yaitu menerapkan Automatic Operation Sistem, di mana seluruh proses unit beroperasi secara otomatis dengan menggunakan Water Level Management.

"Kita juga menggunakan Capacitor Bank yang berfungsi untuk menstabilkan dan memperbaiki tegangan yang diperlukan untuk auxiliary peralatan yang dapat memperpanjang umur dari peralatan-peralatan yang digunakan," ujar Ferry dalam rilis pers, Jumat (09/09/2022).

Baca juga: Tiga Proyek EPC Kelar Dikerjakan Hutama Karya

PLTM Lambur merupakan proyek yang berlokasi di Pekalongan, Jawa Tengah, dengan nilai kontrak total Rp 197,2 miliar.

Menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 85,3 persen, yang telah melewati seluruh tahap uji coba dan segera masuk ke tahap Commercial Operation Date (COD) untuk mensuplai listrik ke sistem Jawa-Bali menggunakan jaringan 20 kV.

Dalam penyelesaian konstruksi proyek ini, Hutama Karya mendapatkan apresiasi langsung dari PT Indonesia Power (Indonesia Power) selaku owner.

Direktur Utama Indonesia Power M. Ahsin Siqdi berpendapat bahwa PLTM Lambur berprogres cukup signifikan dan ditargetkan rampung pada November 2022, di mana menyisakan pekerjaan minor & finishing.

Rampungnya PLTM Lambur merupakan kado dari Indonesia untuk G20, yang akan diumumkan sebagai bagian dari proyek EBT di PLN Group.

"Nantinya PLTM ini akan diresmikan bersamaan dengan pembangkit EBT lainnya di seluruh Indonesia," kata Ahsin.

Bergeser ke proyek PLTGU Tambak Lorok, Hutama Karya juga sedang mempercepat penyelesaian konstruksi pembangkit listrik di Jawa Tengah tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com