Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Titik Rest Area Sementara Tol Pertama di Bumi Serambi Mekkah

Kompas.com - 03/12/2022, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika melintasi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh), Anda bisa beristirahat di dua rest area  atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sementara yakni berada di Km 54 dan Km 37, tepatnya di jalur A maupun B.

"Di sini dua-duanya (rest area) Tipe A. Ini adanya di STA 54 dan STA 37," ujar Project Director Tol Sibanceh Slamet Sudrajat kepada Tim Merapah Trans-Sumatera Kompas.com, di Aceh, Senin (28/11/2022).

Slamet pun menegaskan, untuk sementara waktu hanya ada dua rest area tersebut di Tol Sibanceh.

"Nanti, kalau sudah nyambung lagi Sigli-Lhokseumawe, tentunya akan ada lagi (rest area)," tambah Slamet.

Rencananya, rest area di Tol Sibanceh akan berisi gerai-gerai kerajinan daerah setempat, sama halnya Dekranasda di Rest Area Km 215 Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka).

Kini, pembangunan Tol Sibanceh menyisakan tiga seksi terakhir yaitu Seksi 1 Padang Tidji-Seulimeum, Seksi 5 Blang Bintang-Kutobaro, serta Seksi 6 Kutobaro-Simpang Baitussalam.

Baca juga: Tol Sibanceh Tetap Berlanjut, Hutama Karya Edukasi Pekerja Proyek

Keseluruhan konstruksi jalan tol pertama di Bumi Serambi Mekkah ini ditargetkan beres pada tahun 2023.

Saat ini, PT Hutama Karya (Persero) telah mengoperasikan tiga seksi di Tol Sibanceh yaitu Seksi 2 Seulimeumum-Jantho sepanjang 6,35 kilometer.

Selanjutnya, Seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16 kilometer, dan Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang membentang 14 kilometer.

Perseroan juga tengah membangun perlintasan satwa liar di Tol Sibanceh, lokasinya berada di Seksi 1 Padang Tidji-Seulimeum.

Rencananya, akan terbagi menjadi tiga bagian yakni perlintasan dengan struktur konstruksi jembatan untuk gajah di Km 13+755 hingga 13+871.

Kemudian, perlintasan dengan menggunakan produk beton tulang pracetak berbentuk segi empat untuk reptil di Km 10+000 hingga 15+100.

Sedangkan, perlintasan dengan konstruksi jembatan kanopi jaring kabel untuk primata di Km 11+000 hingga Km 13+0000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com