Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Dana CSR, PTPN 4 Beton Jalan Penghubung 2 Kecamatan di Simalungun

Kompas.com - 02/11/2022, 18:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Juli Boru Simangunsong, warga Sombahuta, Nagori Tanjungmaraja, Kecamatan Jawa Marajabahjambi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengaku senang. Matanya berbinar-binar, dia bilang, doanya terkabul. Jalan ke ladangnya sekarang sudah mulus.

"Dulu, hujan sikit aja, jalan tak bisa dilewati. Akhirnya tak ke ladang. Makanya kami terus berdoa dan berharap supaya ada perbaikan di sini," kata Juli di teras rumahnya, Senin (31/10/2022).

Di kampungnya, hampir semuanya petani, mulai dari sawah sampai kelapa sawit. Mereka sangat bergantung pada akses jalan untuk mengangkut hasil panen atau mengunjungi kampung sebelah.

Harapan dan doa terpenuhi berkat pembenahan yang dilakukan PT Perkebunan Nusantara 4 (PTPN 4) Kebun Bahjambi.

Pada September lalu, manajemen perkebunan membangun rabat beton sepanjang 135 meter, pengerjaan tuntas akhir Oktober.

Baca juga: Tiga Desa di Sumut Diusulkan Jadi Kampung Restorative Justice

Manajer PTPN 4 Kebun Bahjambi Tri Mangkurat mengatakan, perbaikan jalan dilakukan setelah perusahaan berdialog dengan warga untuk memahami kebutuhan mereka.

Manajemen memutuskan membantu lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau corporate social responsibility (CSR).

"Jalan ini akses untuk membawa hasil bumi, untuk anak-anak sekolah. Kami harap bisa mempermudah karena selama ini jarak tempuhnya lebih jauh sebab harus memutar," kata Tri.

Sampai Triwulan 3-2022, Kebun Bahjambi telah menyalurkan Rp 201 juta lebih bantuan TJSL. Naik 384,8 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun 2021 atau secara year on year (yoy).

Menurut Tri, penyaluran TJSL tahun ini meningkat seiring kesuksesan perusahaan mendongkrak pendapatan. Masih pada Triwulan 3-2022, produksi Tandan Buah Segar (TBS) mencapai 82.676 ton, meningkat enam persen (yoy).

Tri berharap warga ikut merawat jalan yang telah diperbaiki. Termasuk membantu perusahaan menjaga aset-aset yang berada di sekitar kampung.

"Kalau harapan kami dari perusahaan kepada masyarakat, bagaimana keberadaan kami bisa diterima, masyarakat saling menjaga aset perusahaan di sini," imbuhnya.

Selain pembangunan rabat beton jalan, lanjut Tri, pihaknya juga menyalurkan bantuan mobiler meja dan kursi untuk Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Iman Huta Bahjoga Selatan serta Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Al Khairiyah Nagori Bangun. Membantu membenahi jalan di Nagori Bosargalugurhutahuguan sepanjang 200 meter.

"Tahun ini, dana CSR yang kami ajukan lebih besar karena kami melihat kebun ini dikelilingi banyak nagori atau desa. Setiap desa membutuhkan bantuan," kata Tri.

Kepala Dusun Huta Sombahuta Janes Situmorang menyebut, kampungnya terdiri atas 86 Kepala Keluarga yang mayoritas petani. Dia berterima kasih atas bantuan yang dilakukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com