Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek di Sini, Perubahan Rute Uji Coba Bus Listrik Kampung Melayu-Tanah Abang

Kompas.com - 25/07/2022, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan perubahan rute uji coba bus listrik berpelanggan rute Kampung Melayu-Tanah Abang.

Melansir unggahan akun Twitter Transjakarta @PT_Transjakarta, kini bus listrik yang sebelumnya berada di rute 5F beralih ke rute 5M.

Adapun titik keberangkatan pertama tetap di Kampung Melayu dengan tujuan akhir Tanah Abang via Cikini (pp).

Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dengan armada ini, diimbau untuk kembali melakukan pengecekan rute di laman resmi Transjakarta atau menghubungi call center terkait.

Kendati demikian, bus listrik Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini (5M) ini masih tidak dikenai tarif atau Rp 0.

Baca juga: Dukung Grand Launching JIS, Transjakarta dan LRT Jakarta Buka Rute Terintegrasi

Layanan ini beroperasi setiap hari pukul 05.00-21.00 WIB. Untuk dapat mengaksesnya, penumpang tetap harus melaukan tap in Kartu Uang Elektronik di perangkat tap on bus (TOB).

Untuk diketahui, layanan uji coba bus listrik gratis Kampung Melayu-Tanah Abang telah dilakukan sejak awal bulan Juni 2022.

Direktur Utama Transjakarta Mochammad Yana Aditya mengatakan, uji coba ini akan berlangsung selama 3 bulan.

"Uji coba selama 3 bulan, apakah nanti kondisi sesuai standar kita, bagaimana kita, segala macam, setelah itu baru kita masuk ke progres pengadaan," jelasnya.

Uji coba juga dilakukan untuk mengetahui ketahanan baterai dan memastikan sertifikasi kesesuaian terhadap kebutuhan Transjakarta.

Baca juga: Gandeng Mobil Anak Bangsa, Transjakarta Kembali Hadirkan Bus Listrik

Terdapat 3 bus listrik yang diuji untuk rute ini, yaitu Zhongtong, Skywell dan Golden Dragon. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing.

Misalnya, Zhongtong dengan kapasitas baterai sebesar 350 kilo watt hour (kwh) dengan mode pengisian daya lambat dan cepat.

Sementara Skywell memiliki kelebihan baterai Lithium Ion Phosphate (LiFePo4) berdaya 322 kwh dengan proses pengisian daya selama 2 jam.

Sedangkan Golden Dragon memiliki kapasitas baterai sebesar 326 kwh berkecepatan pengisian daya hanya 60 menit.

"Ke depan kita akan coba kendaraan mikro bus listrik. Kita berharap dukungan untuk bisa masuk dalam tahap uji coba tersebut," tutup Yana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com