Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerima Manfaat TORA Warungkiara Tanam Pisang Cavendish, Hadi Tjahjanto: Ini Menjanjikan

Kompas.com - 31/10/2022, 10:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lahan redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) eks-Hak Guna Usaha (HGU) di Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat dimanfaatkan untuk penanaman pisang cavendish.

Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, pemanfaatan lahan ini dinilai begitu menjanjikan secara ekonomi.

"Oleh sebab itu, ini menjadi contoh yang baik, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Jika ini bagus hasilnya, yang lain akan mengikuti," kata Hadi dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Senin (31/10/2022).

Bukan tanpa alasan, saat ini kebutuhan pasokan akan pisang cavendish di seluruh Indonesia baru mencapai 60 persen.

Menurutnya, dibutuhkan sekitar 40 persen pasokan pisang untuk wilayah-wilayah di Indonesia, seperti di Jakarta, Surabaya, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan kota-kota lainnya.

Baca juga: Percepatan Redistribusi TORA, Hadi Tjahjanto Butuh Dukungan KLHK

Sebagai informasi, pemanfaatan lahan redistribusi pisang cavendish itu dikembangkan pada tahun 2021.

Bentuk pengembangan yang dilakukan berupa kerja sama antara PT Great Giant Pineapple (GGP) dengan Koperasi Produsen Agro TORA Wajasakti yang dibentuk para penerima pemanfaatan lahan tersebut.

Dia berharap, masyarakat memiliki kemampuan pengelolaan lahan yang mumpuni.

Sebab, hal yang ditakutkan, setelah tanah diredistribusi, petani tidak memiliki keahlian atau petani punya keahlian namun hasil tanam dimainkan oleh spekulan.

"Oleh karena itu, kita pegang bersama GGP ini. Dan saya panen raya akan datang ke sini," ucapnya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakannwil) BPN Jawa Barat Dalu Agung Darmawan mengimbau ke depannya, program Reforma Agraria tidak hanya redistribusi lahan, melainkan didukung dengan penataan akses lainnya. Sehingga, bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini adalah program Reforma Agraria, kalau hanya memberikan tanah, banyak sekali yang nantinya cuma dijual, tidak bermanfaat, dan seterusnya," terang Dalu.

Maka dari itu, Dalu berharap ke depannya ada redistribusi tanah yang harus didukung dengan penataan akses, pemasaran, dan seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com