Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2022, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) baru saja menyelesaikan pembangunan jembatan Kimparpu yang berlokasi masing-masing di desa Pagedangan, Banten.

Dalam melaksanakan pembangunan ini, Hutama Karya berkolaborasi dengan BUMN Karya lainnya seperti ADHI, PP, Bank Mandiri, Pegadaian, BTN, BNI, Perhutani, Pupuk Indonesia, Taspen, Wika, Angkasa Pura II, Perumnas, Waskita, Brantas Abipraya, Jasamarga, Airnav Indonesia, IFG, Jamkrindo, Askrindo, Nindya Karya dan Indra Karya.

Kondisi jembatan Kimarpu sebelumnya terbuat dari bambu dan cukup membahayakan mobilitas warga yang ingin menyebrangi jembatan.

Baca juga: Menawan di Malam Hari, Begini Sistem Pencahayaan di Jembatan Youtefa Jayapura

Karena itu, Kementerian BUMN melalui BUMN Karya berinisiatif untuk membangun ulang jembatan yang berada di atas Sungai Bentengan ini.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (29/8/2022), Hutama Karya mengatakan proses pembangunan jembatan Kimarpu telah dimulai sejak bulan Maret 2022 dan selesai dibangun pada Juli 2022.

Bahkan jembatan telah diresmikan secara langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir pada Sabtu (20/08/2022). Acara peresmian tersebut turut dihadiri oleh perwakilan perusahaan BUMN yang terlibat dalam kolaborasi bantuan jembatan.

Dalam proses pembangunan, Hutama Karya telah memberikan bantuan dana partisipasi pembangunan senilai ratusan juta rupiah sebagai wujud bentuk Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL).

Adanya jembatan Kimarpu yang menghubungkan dua desa yaitu Desa Pasilian dan Desa Pagedangan Udik ini sangat membantu mobilitas dan melancarkan perekonomian warga sekitar.

“Kami sangat berterima kasih kepada BUMN yang telah membangun ulang jembatan Kimarpu ini. Dengan adanya fasilitas jembatan yang baru, kami bisa menjual hasil kerja nelayan ke desa sekitar,” ujar salah seorang warga.

Seluruh rangkaian kegiatan TJSL yang dilakukan oleh Hutama Karya di Bali ini telah mengacu
pada penerapan ISO 26000 sekaligus sekaligus Sustainable Development Goal (SDGs) Pilar
Pembangunan Sosial No. 4 tentang Pendidikan Berkualitas serta No. 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Sedangkan untuk kegiatan TJSL di wilayah Banten ini sesuai dengan SDG No. 9 tentang Industri, Inovasi dan Infrastruktur, serta No. 11 tentang Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan.

Baca juga: Jamin Keamanan di Tol Trans-Sumatera, Hutama Karya Gandeng Polda Riau

Selain membangun jembatan, Hutama Karya juga terlibat dalam kolaborasi BUMN dalam penyelenggaraan Kegiatan Relawan Bakti di Kabupaten Karangasem, Bali pada 14 – 17 Agustus 2022.

Kegiatan ini melibatkan sepuluh insan BUMN yang terpilih menjadi relawan untuk memberikan baktinya kepada masyarakat di Karangasem.

Dalam kegiatan ini, Hutama Karya bersinergi dengan PT Taspen (Persero), PT Pertamina (Persero) , dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Injourney).

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif
dan pelestarian budaya Bali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com