Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Arahan Menteri, Hutama Karya akan Perbaiki Ruas Tol Terbanggi Besar

Kompas.com - 11/06/2022, 10:40 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Hutama Karya berjanji akan melakukan perbaikan terhadap ruas Jalan Tol Terbanggi Besar-Palembang seperti yang diinstruksikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Seperti diketahui, Menteri Basuki mengeluhkan adanya ketidaknyamanan saat melalui ruas tol Terbanggi Besar-Palembang, yang baru saja diperbaiki jelang Lebaran 2022.

“Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan mengikuti arahan Menteri PUPR selaku regulator perihal perbaikan di Ruas Terbanggi Besar hingga Kayu Agung yang dikelola oleh Hutama Karya,” ujar EVP Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji dalam keterangannya kepada Kompas.com.

Baca juga: Tol Terbanggi Besar-Palembang Belum Nyaman Dilintasi, Basuki: Akan Kita Ganti Strukturnya

Menurut Dwi, pada dasarnya, Hutama Karya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas jalan tol demi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, salah satunya dengan penggunaan struktur Pile Slab dalam perbaikannya.

Apalagi sesuai pernyataan dari Menteri PUPR, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola oleh Hutama Karya sudah aman dan semakin membaik.

Namun memang pasca perbaikan, masih perlu dipotimalkan kembali agar semakin nyaman di beberapa lokasi di Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung.

“Rencananya proses pengerjaan Pile Slab tersebut akan dimulai dari Sungai Sodong yang terdapat di Kilometer 252+800 s/d 254+200,” tambah Dwi.

Perbaikan Permanen

Sementara itu, Direktur Jalan dan Jembatan Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian PUPR, Budi Harimawan mengatakan dalam perbaikan yang dilakukan di ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Palembang ada yang bersifat sementara dan permanen.

“Perbaikan-perbaiakan yang dilakuan ada bersifat sementara dan permanen. Untuk kesiapan mudik Lebaran, memang telah disiapkan zero potholes. Namun untuk perbaikan permanen tidak bisa terkejar untuk mudik,” jelas Budi saat dikonfirmasi Kompas.com.

Baca juga: BPJT Pastikan Rekonstruksi Tol Trans-Sumatera Ruas Terbanggi Besar-Palembang Tak Membebani APBN

Namun menurut Budi, perbaikan permanen tetap dilakukan selesai pelaksanaan mudik dengan target penyelesaiannya pada September atau Oktober 2022 mendatang.

“Initinya kita akan meningkatkan kenyaman dan keselamatan jalam tol agar sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM). Tahun ini pak Menteri mengistruksikan kami untuk meningkatkan mutu kualitas serta menambah beautifikasi jalan tol,” tambah Budi.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rapat bersaa Komisi V DPR RI pada Kamis (09/06/2022), mengatakan perbaikan pada ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Palembang Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) akan dilanjutkan.

Menurutnya, rekonstruksi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang dilakukan sebelum Lebaran 2022 sudah cukup baik, aman, dan nyaman untuk dilintasi pengendara.

"Tapi ruas Tol Terbanggi Besar hingga Palembang pada saat (perbaikan) Lebaran kemarin hanya untuk supaya aman, tapi tidak nyaman," ujar Menteri PUPR.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com